Kalak BPBD Wonosobo Bambang Triyono ketika menyerahkan masker. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)- Peringati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) tahun 2022, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonosobo, membagikan ribuan masker dan hand sanitizer gratis.

Masker dan hand sanitizer dibagikan kepada petugas yang berjaga di 6 posko pantauan arus mudik, Sawangan, Taman Plaza, Kejajar, Kertek, Terminal Mendolo dan Taman Makam Pahlawan Wiropati.

“BPBD Wonosobo membagikan ribuan masker dan hand sanitizer gratis untuk petugas yang melakukan pemantauan di 6 posko terpusat. Hal itu sebagai bentuk perhatian penerapan protokol kesehatan (prokes) Covid-19,” ujarnya.

Baca Juga: Bupati Wonosobo Tekankan Percepatan Vaksinasi Dosis Lengkap

Yakni di Posko Terminal Sawangan, Taman Plaza, Kejajar, Kertek, Terminal Mendolo dan Pahlawan, karena tim kami melihat pantauan arus mudik sudah mulai kelihatan dari berbagai wilayah luar Wonosobo.

“Sehingga faktor kesehatan mutlak sangatlah penting,” tutur Kepala BPBD Wonosobo, Bambang Triyono saat pelaksanaan pemantauan arus mudik di 6 posko tersebut.

Lanjutnya, BPBD selalu sigap selama 24 jam untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam di seluruh wilayah Wonosobo. Meski sedang lebaran relawan BPBD tetap siaga 24 secara bergililiran.

Baca Juga: Penuhi Stok Jelang Lebaran, RSI Wonosobo Gelar Donor Darah

Bambang menyebut, pihaknya menambah personel yang menggandeng unsur relawan untuk terus siaga di Markas Induk BPBD guna mengantisipasi segala bencana yang terjadi.

Siaga 24 Jam

Relawan BPBD Wonosobo yang siap siaga 24 jam selama lebaran. Foto : SB/Muharmo Zarka

“Kami menambah personel dari unsur para relawan untuk siaga di Markas Induk BPBD. Minta organisasi atau relawan yang tersebar di seluruh wilayah agar selalu siap dan siaga apabila terjadi bencana,” jelasnya.

Selain itu, BPBD Wonosobo juga melaksanakan pengecekan kendaraan, perlengkapan, peralatan kebencanaan agar selalu siap apabila digunakan sewaktu-waktu.

Baca Juga: Bupati Wonosobo Terima Penghargaan Pelopor Literasi Digital atas Inovasi Sapu Lidi

Terdapat titik rawan kebencanaan seperti wilayah Kecamatan Watumalang, Wadaslintang, Kaliwiro, Kalibawang, Sukoharjo, Sapuran dan Kepil untuk diwaspadai bersama.

Bambang menghimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada mengingat intensitas curah hujan di Wonosobo yang masih tinggi mengakibatkan rawan bencana alam.

“Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada mengingat curah hujan masih tinggi mengakibatkan wilayah Wonosobo rawan terjadi bencana alam,” katanya.

Baca Juga: Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Wonosobo Bagi Bagi Paket Takjil Gratis

Pihaknya juga berpesan kepada pemudik sebelum meninggalkan rumah mohon dicek terlebih dahulu seperti dapur, kompor atau tungku apakah sudah aman atau belum.

“Juga aliran air bersih serta listrik apakah sudah dimatikan atau belum mengingat musibah kebakaran bisa ditimbulkan karena kelalaian sendiri,” himbaunya.

HKB 2022 Kabupaten Wonosobo, diawali dengan pelaksanaan apel bersama di halaman Kantor BPBD. Pelaksanaan pemantauandiikuti personil Disperkimhub, Polres, Satpol PP, relawan BPBD dan lembaga lainnya.

Muharno Zarka