Acara Pildaja dalam kegiatan pesantren kilat ramadan di SMAN 1 Kertek Wonosobo. Foto : SB/dok

WONOSOBO(SUARABARU.ID)– Pesantren kilat ramadan 1443 H di SMA Negeri 1 Kertek Wonosobo Jawa Tengah digelar dengan berbagai rangkaian kegiatan bernuansa rohani Islam di bulan ramadan yang penuh berkah ini.

Acara yang dimulai sejak Selasa (5/4/2022) hingga Senin (25/4/2022) tersebut, berlangsung sangat semarak. Sejumlah siswa-siswi SMAN 1 Kertek tampak antusias mengikuti acara pesantren kilat ramadan dari awal sampai akhir.

Kepala SMAN 1 Kertek Retno Herwanti MPd, Senin (25/4/2022), mengatakan kegiatan tersebut digelar guna membiasakan siswa untuk melakukan amaliah ibadah mahdhah maupun ghoiru mahdhah dalam kehidupan sehari-hari.

“Peserta pesantren kilat ramadan merupakan siswa-siswi Kelas IX dan Kelas XI. Dalam satu hari kegiatan pesantren kilat ramadan difokuskan satu kelas sehingga acara tersebut tidak mengganggu kegiatan belajar (KBM),” ujarnya.

Aneka Kegiatan

Kepala SMAN 1 Kertek Wonosobo Retno Herwanti, MPd ketika memberikan sambutan. Foto : SB/dok

Menurut Retno, aneka kegiatan yang digelar dalam pesatren kilat ramadan meliputi, shalat takhiyatul masjid, shalat dhuha, shalat qobliyyah dan bakdiyyah dhuhur, dhuhur berjamaah di masjid sekolah.

“Selain itu, juga dilakukan tadarus dan khataman Alquran 30 juz. Seluruh siswa-siswi peserta pesantren kilat membaca Alquran sesuai juz dan surat yang sudah dijadwal sesuai giliran masing-masing,” terangnya.

Puncak acara pesantren kilat ramadan dipungkasi dengan perhelatan Pemilihan Dai Remaja (Pildaja) dan kaligrafi contest. Pildaja diikuti 13 peserta yang merupakan perwakilan kelas masing-masing.

“Kegiatan pesantren kilat ramadan dipandu oleh guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dan dibantu oleh guru-guru yang lain. Alhamdulillah dari awal hingga akhir acara berlangsung khikmat, lancar dan sukses,” pungkasnya.

Muharno Zarka