Foto: Tehran Times.
Foto: Tehran Times.

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Di Bulan Ramadan ini, berbuka puasa tampaknya terasa kurang lengkap tanpa hadirnya buah kurma. Ya, Rasulullah SAW bahkan memberikan anjuran atau cara makan kurma yang baik dan benar.

Dihimpun dari Hops.id, Rasulullah SAW tak hanya menganjarkan makan kurma dalam jumlah ganjil saja.

Dilansir dari Suara.com pada Rabu (20/4/2022), ternyata ada ajaran yang masih jarang diketahui oleh orang-orang mengenai bagaimana cara makan kurma dengan benar.

Baca Juga: Resep: Susu Kurma

Husain Basyaiban melalui akun TikTok miliknya menjelaskan bagaimana cara makan kurma yang benar menurut Rasulullah SAW.

Setelah Rasulullah makan kurma, biji kurma tersebut, Rasul ambil dari mulut menggunakan bagian tengah antara jari telunjuk dan jari tengah.

“Jadi Beliau Rasulullah SAW langsung mengambil kurma seperti ini, lalu Beliau konsumsi Bismillahirrahmanirrahim. Setelah itu Beliau taruh di antara jari telunjuk dan jari tengah Beliau SAW lalu ditaruh,” kata Husain Basyaiban dikutip oleh Hops.ID dari Tiktok @basyasman00, pada hari Senin, 18 April 2022.

Baca Juga: Enam Manfaat Buah Kurma untuk Kecantikan

Tentu ada maksud dan hikmah dari apa yang Rasulullah ajarkan, termasuk cara makan kurma.

Hikmah dari mengambil biji kurma dari mulut tidak mengenai ujung jari, yaitu agar ludah yang ada di biji kurma tidak terkena ujung jari kita yang tentu digunakan untuk mengambil kurma lain.

“Kalian tahu apa hikmahnya? Hikmahnya adalah ketika Rasulullah SAW menaruh bijinya itu di sini. Ludah yang ada di biji ini tidak terkena pada ujung jari Beliau yang akan digunakan untuk mengambil kurma lain,” ujar Husain Basyaiban.

Baca Juga: Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Membeli Kurma

“Ini Beliau SAW menjaga adab, padahal ludah Beliau SAW adalah ludah yang sangat mulia yang sangat luar biasa. Tapi Beliau memperhatikan adab-adab makan yang seperti ini,” tutur Husain Basyaiban.

Ini artinya Rasulullah sangat peduli sama orang lain, Beliau memperhatikan orang lain, termasuk cara makan kurma.

“Beliau memperhatikan orang lain, Beliau peduli sama orang lain, bahkan pada cara makan Beliau SAW,” sambung Husain Basyaiban.

Itulah cara makan kurma yang baik menurut ajaran Rasulullah SAW. Semoga kita sebagai umat Rasulullah SAW bisa mencontoh perilaku baik dari Rasulullah SAW.

Claudia