blank
Menpora, Zainudin Amali. (Dok: Kemenpora)

JAKARTA (SUARABARU.ID) – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali yakin kompetisi kasta tertinggi di Indonesia bersih. Hal itu ia ungkapkan menyusul dugaan sepak bola gajah di Liga 1 2021/2022.

Sebelumnya dikabarkan adanya gugatan untuk PSSI, Persib Bandung, Barito Putera dan David da Silva di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Gugatan terdaftar dengan nomor 211/Pdt.G/2022/PN Jkt.Pst. Hingga Senin (18/4/2022), status perkara tersebut berada dalam tahap penunjukan jurusita.

Berdasarkan keterangan dari laman resmi Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, penggugatnya ada empat orang, yaitu Emilianus Tikuk, Yan Piet Sada, Yulianus Dwaa, serta Paul Finsen Mayor.

Gugatan berkaitan dengan Persipura Jayapura yang harus turun kasta ke Liga 2 musim depan. Mereka menganggap ada permainan dari hal tersebut.

Menanggapi ha itu, Amali yakin tidak ada bentuk kecurangan apa pun di Liga 1. Pasalnya, ia memantau langsung jalannya pertandingan.

“Saya belum tahu. Saya belum dengar, tetapi saya yakin PSSI sekarang sudah sangat ketat. Ini yang Liga 1 ya? Apalagi yang Liga 1, kalau Liga 3 seperti yang kita dengar kemarin. Kalau Liga 1 saya yakin benar-benar fair ini dan saya juga nonton,” kata Amali seperti dilansir di suara.com, Senin (18/4/2022).

Amali menambahkan gugatan yang dilayangkan ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat bisa dibilang salah alamat. Pasalnya, dunia olahraga punya badan penyelesaian sengketa sendiri.

“Kan di dalam UU Keolahragaan ada, kan ada badan arbitrase-nya, kecuali ada tindak pidana, itu baru bisa. Kalau cuma urusan olahraga ada di arbitrase-nya,” jelasnya.

“Saya tahu persis apa yang dilakukan PSSI dan LIB. Saya hadir kok, kalau saya nggak nonton langsung di stadion juga biasanya saya nonton di tayangan streaming. Jadi Liga 1 itu bersih,” pungkasnya.

Muha