blank
Kapolresta Surakarta Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak bersama Kepala BI Perwakilan Solo Nugroho Joko Prastowo menunjukkan uang hasil penukaran uang baru  yang digelar kas keliling bersamaan pelaksanaan vaksin booster di Dokkes Polresta setempat. Foto: Bagus Adji

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Kepolisian Resor Kota (Polresta) Surakarta dan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Solo menyinergikan pelaksanaan vaksinasi booster covid–19 dengan kegiatan penukaran uang baru.

Kegiatan berlangsung hingga menjelang Lebaran pada siang hari di Klinik Bhayangkara Surakarta, bertujuan mempercepat pencapaian target vaksinasi sebesar 70 persen sebelum akhir arus mudik. Selain itu Polresta Surakarta juga melaksanakan akselerasi vaksin booster dengan membuka pelayanan vaksinasi di malam hari.

“Polresta Surakarta melaksanakan akselerasi vaksinasi booster menjelang libur lebaran Tahun 202.  Yaitu selain melaksanakan kegiatan  pada pagi-sore hari mulai pukul 08.00- 14.00 Wib, juga melakukan kegiatan sejenis pada malam hari mulai pukul 19.30 -21.30 WIB,” jelas Kombes. Pol.Ade Safri Simanjuntak SIK.MSi, disela sela kegiatan vaksinasi di Klinik Bhayangkara setempat, Kamis (7/4). Dilokasi sama juga berlangsung proses penukaran uang baru bagi masyarakat yang digelkar Bank Indonesia Perwakilan Solo.

Kombes. Pol Ade Safri Simanjuntak, SIK, MSi didampingi Kepala Bank Indonesia Perwakilan Solo Nugroho Joko Prastowo mengatakan program vaksinasi booster diharapkan memudahkan masyarakat yang hendak mudik Lebaran.

Pemerintah menetapkan, salah satu syarat mudik adalah wajib mendapatkan vaksinasi dosis ketiga. Selain itu program vaksinasi yang digelar diharapkan membantu masyarakat aman dari ancaman Covid-19 dan bisa lebih khusyuk dalam menjalankan ibadah Ramadan.

Mengenai pelaksanan vaksinasi booster disinergikan dengan penukaran uang pihaknya berharap akan saling memperkuat. Mereka yang telah melakukan vaksin booster bisa melakukan penukaran uang baru. Sedangkan warga yang hendak menukarkan uang baru namun belum mendapatkan vaksinasi lengkap dipersilahkan melakukan vaksin booster.

”Terhitung hingga 6 April 2022 petang  capaian vaksinasi booster  kota Surakarta 41,69  persen. Ini merupakan capain tertinggi  booster sesuai kebijakan Pemkot Surakarta  kita akselerasi di angka 70  persen hingga menjelang mudik Lebaran,“ terangnya.

Sementara itu Kepala BI Perwakilan Solo Nugroho Joko Prastowo mengatakan pelaksanaan vaksinasi digelar bersama penukaran uang baru menjelang lebaran merupakan sinergi seluruh elemen kota Solo untuk mempercepat capaian booster.

Dengan capaian di angka 70 persen diharapkan semua pemudik sehat walaupun kota Solo banyak dikunjungi pendatang. Di sisi lain BI juga ada hajatan memenuhi kebutuhan masyarakat terkait uang baru.

“Walaupun kita menggalakkan digital  pakai uang tunai, tetapi karena budaya maka kalau salam tempel butuhnya uang tunai baru. Nah ini kita jadikan daya Tarik. Yang mau tukar uang belum booster harus jalani vaksi booster dulu.”, bebernya.

Kasi Dokkes Polresta Surakarta dr Edy Wirastho mengatakan, vaksinasi booster kepada masyarakat dilakukan pagi dan malam hari. Pagi mulai jam 08.00 sampai 13.00 WIB dihadiri sekitar 200 orang. Sedangkan pelayanan malam hari dimulai setelah shalat tarawih hingga jam 22.30 WIB. Pelayanan vaksinasi malam hari banyak diminati masyarakat terbukti  pengunjung mencapai 200 orang.

“Malam hari antusiasme masyarakat sangat luar biasa. Hal demikian mungkin karena pada siang hari mereka bekerja.  Malam hari mereka bisa melakukan vaksinasi sambal jalan jalan atau pun setelah mencari makan malam. Vaksin yang kami gunakan adalah Moderna,” terangnya.

Bagus Adji