blank
Ilustrasi amalan dalam Ramadan. Foto: Youtube VDVC religi

blank

Oleh: Syekh Ali Jaber

 

blank
Syekh Ali Jaber. Foto: Youtube VDVC religi

SAAT bulan suci Ramadan, banyak orang yang mulai meningkatkan amalan-amalan baik. Mereka juga semakin giat dalam melaksanakan berbagai ibadah.

Hal ini dikarenakan pada bulan suci Ramadan, banyak pahala berlipat yang akan didapatkan dari Allah SWT. Semua ibadah dan amalan-amalan baik pahalanya akan dilipat gandakan.

Ada beberapa amalan ringan dan mudah yang dapat dikerjakan saat Ramadan. Amalan apa sajakah itu? Amalan-amalan apa yang paling mudah dikerjakan saat bulan Ramadan?

Amalan yang paling ringan di dalam ajaran Islam adalah dzikrullah, yang artinya, ringan di atas lidah, berat di atas timbangan, dan dicintai Allah SWT. Subhanallah Wabihamdihi Subhanallahil ‘Azhim.

Selain itu, kita juga harus menghindari dan menyelamatkan diri dari kemunafikan.

Orang munafik dzikir, tapi dzikirnya sedikit. Orang munafik sholat, tapi sholatnya malas. Makanya kita harus menghindari dan menyelamatkan diri kita dari sifat kemunafikan.

Sholat yang tumaninah akan mengantarkan kekhusyu’an. Sholat yang nikmat akan mengantarkan kemuliaan. Termasuk sholat malam.

Ada pula dzikir Nabi Yunus saat ditelan ikan paus. Diantara dzikir dan istighfar adalah doa Nabi Yunus.

Ketika kita terhindar dari musibah dan Covid-19, Allah SWT memberikan ujian kepada Nabi Yunus. Didiamkan di dalam perutnya ikan. Dia harus menghadapi 3 kegelapan, yakni gelapnya malam, gelapnya kesusahan dan pikiran, serta gelapnya perut ikan.

Tapi Allah bisa mengeluarkan Nabi Yunus dari 3 kegelapan ini dengan munajatnya dan doanya, La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin. Boleh menjadi wirid kita, setiap waktu dan setiap saat.

Makanya apabila kita ingin doa kita disegerakan oleh Allah SWT, dan terangkat bala ini, perbanyaklah sholawat.

Selain itu ada juga satu amalan, yakni amalan diantara waktu sahur adalah istighfar, yang bisa dilakukan 30 menit sebelum adzan subuh. Istighfar sangat dianjurkan oleh Allah SWT. Allah SWT memilih waktu istighfar sebelum adzan subuh lebih baik dari sholat malam, agar diampuni dosa-dosa kita.

Dikutip dari kanal Youtube VDVC religi tahun 2021 (Syekh Ali Jaber).