blank
Hendrar Prihadi (Wali Kota Semarang). Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Wali Kota Semarang, Dr H Hendrar Prihadi SE MM, memberikan apresiasinya pada Ketua dan pengurus Forum Komunikasi Ormas Semarang Bersatu (FKSB) Kota Semarang, karena dapat meningkatkan derajat ormas-ormas yang ada di kota ini.

Hal itu seperti yang disampaikan dia, saat memberikan sambutannya pada pergelaran Community Award 2022, yang diselenggarakan di Hotel Patra Semarang, Selasa (22/3/2022).

Pergelaran Community Award 2022 ini diselenggarakan, untuk memberikan apresiasinya pada beberapa ormas, khususnya yang ada di Semarang. Gelaran ini juga dapat menjadi pelecut semangat bagi seluruh ormas yang ada, dalam memberikan manfaat bagi masyarakat.

BACA JUGA: Ketahuan Mencuri Kotak Amal, Oknum Wartawan Nyaris Diamuk Warga

Menurut Hendi, sapaan akrab Wali Kota Semarang, acara ini juga merupakan wujud Kota Semarang yang guyub, rukun dan damai.

”Ini semua karena pengurus dan anggota ormas yang hadir, merupakan perwakilan berbagai elemen. Mulai dari tokoh agama, etnis, serta budaya masyarakat yang ada di Kota Semarang,” terang dia.

Sementara itu, Ketua FKSB Kota Semarang, H AM Jumai SE MM menambahkan, salah satu tujuan kegiatan ini adalah, mengapresiasi ormas yang ada di Kota Semarang. Selain itu, agar masyarakat tidak meragukan kualitas dan sinergi antara ormas dengan lembaga pemerintahan di Kota Semarang.

blank
AM Jumai (Ketua FKSB Kota Semarang). Foto: dok/ist

BACA JUGA: Kapolda Jateng Pimpin Upacara Peresmian Batalyon Brimob di Kroya

”Sebanyak 30 lembaga dan ormas yang hadir ini, bukan ormas yang beraksi layaknya preman. Kami juga ingin berkomitmen, kegiatan ini sesuai dengan bidang yang kami angkat,” sebut dia.

Dijelaskan juga, lebih dari 120 ormas yang ada di Kota Semarang, diseleksi menjadi 30 ormas yang menjadi nominator. Nominatornya pun sesuai bidang, antara lain pendidikan, keagamaan, kesehatan, lingkungan hidup, ekonomi-UMKM, serta sosial kemanusiaan.

”Kriteria penilaian yang kami ambil adalah, kemandirian dari tiap ormas, sinergi dan kerja sama yang terjalin dengan berbagai elemen. Selain itu, tanggapan dari masyarakat, serta keberlanjutan pelayanan tiap ormas dalam masyarakat sesuai dengan bidangnya,” tukas Jumai.

30 Nominator Ormas (Community Award 2022)

Kategori Long live Achievement:
1. PD Muhammadiyah
2. PC NU

Kategori Keagamaan

1. Ulul Albab Assyafaat
2. LDII
3. Pemuda Muhammadiyah4. Bamag
5. WKRI

Kategori Pendidikan

1. Satoe Atap
2. Perkumpulan Sobokarti
3. Komunitas Sahabat Difabel
4. Yayasan Pendidikan Muslimat NU
5. Yayasan Anantaka

Kategori Sosial Kemanusiaan

1. Komunitas Semarangker
2. Global Peace Youth Semarang
3. Rumah Pintar Anak Berkebutuhan Khusus (Efata)
4. Lindu Aji
5. Media Informasi Kota Semarang (Mik Semar)

Kategori Ekonomi dan UKM

1. Lazismu
2. Komunitas Difabel Mandiri (KDM)
3. Perkumpulan Rakyat Semarang Kuliner
4. Ipema
5. Klaster Tas

Kategori Lingkungan Hidup

1. Bank Sampah Tembalang
2. KeSEMaT
3. Bina Karta Lestari (Bintari)
4. Garuda Pandu Bangsa
5. Wonoku Iwaku

Kategori Kesehatan

1. Yayasan Rumah Aira
2. PD Aisyah
3. Sedulur Plasma
4. PKBI

5. Komunitas Psikologi Berbagi Semarang

Riyan