blank
Wali Kota Muchamad Nur Azis foto bersama tujuh santri Kota Magelang yang ikut FASI Ke x1 di Palembang 24-27 Maret 2022, (Bag Prokompim, Pemkot Magelang)

 

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Sebanyak tujuh santri asal Kota Magelang mengikuti Festival Anak Soleh Indonesia (FASI) Ke-XI Tingkat nasional yang akan dilaksanakan di Palembang, Sumatera Selatan, 24-27 Maret 2022.

Mereka terbagi dalam tiga kelompok. Yakni Taman Kanak Alquran (TKQ) untuk usia dibawah 7 tahun, Taman Pendidikan Alquran untuk usia dibawah 12 tahun, dan Ta’limul Quran lil Aulad (TQA) untuk usia dibawah 15 tahun.

Wali Kota Muchamad Nur Aziz melepas keberangkatan mereka di Pendapa Pengabdian Kompleks Rumah Jabatan Wali Kota Magelang, Senin (21/3). Hadir Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Magelang Sofia Nur berserta jajarannya, dan segenap tamu undangan.

Ketua Badan Koordinasi Lembaga Pendidikan Alquran (LPQ) Kota Magelang, Bahrudin mengatakan, Kota Magelang menjadi daerah dengan jumlah atlet terbanyak pada ajang tersebut pada tahun 2022.

‘’Selama 10 kali pelaksanaan FASI tingkat nasional, Kota Magelang tidak pernah absen mengirimkan atlet. Tahun ini kita termasuk daerah yang mengirimkan atlet terbanyak. Dari 41 santri se-Jawa Tengah, 7 di antaranya dari Kota Magelang,’’ ujar Bahrudin.

Tujuh santri dan lima pendamping akan bergabung dengan kontingen dari kabupaten/kota se-Jawa Tengah yang dilepas keberangkatannya oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dari Masjid Agung Jawa Tengah (MAJ) pada Rabu (23/3). Sehari kemudian (24/3) seluruhnya  berangkat ke Palembang.

Kontingen Kota Magelang akan berkompetisi di tiga cabang kejuaraan. Yakni lomba lukis (putri), nasyid kategori TPQ dan TKQ.

Menurut Bahrudin, mereka merupakan para juara FASI tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2019.

‘’Seharusnya mereka ikut FASI tingkat nasional tahun 2020, tapi karena pandemi jadi tertunda, dan baru tahun ini bisa berangkat. Alhamdulillah persiapan sangat baik, semangat, meski sempat terhalang pandemi Covid-19,’’ terangnya.

Dia menambahkan, keikutsertaan Kota Magelang dalam ajang ini menjadi salah satu bukti komitmen bersama untuk mendidik sekaligus menelurkan bibit-bibit unggul yang berprestasi. Selain itu, juga mendukung Program Magelang Agamis (Programis).

Selama ini, lanjutnya, Pemkot Magelang selalu mendukung kegiatan FASI, mulai dari seleksi tingkat daerah, provinsi hingga nasional.

‘’Ini upaya pemkot agar Kota Magelang lebih agamis, dengan bukti banyak anak-anak kita yang berprestasi di tingkat Provinsi Jawa Tengah ataupun nasional,’’ ungkap Bahrudin.

Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz berpesan kepada para khafilah yang berangkat ke Palembang agar tampil sempurna dan mendapatkan hasil yang terbaik.

‘’Ini perlu disebarkan ke kepelosok Kota Magelang, bahwa Islam itu agama yang indah,’’ tuturnya.

Azis mengatakan, agama harus diajarkan sejak dini, dengan cara yang menyenangkan. Hal ini sekaligus upaya untuk mengajarkan toleransi dan mencegah penyebaran ajaran agama yang radikal.

 

Penulis : Prokompim/Pemkotmgl

Editor   : Doddy Ardjono