blank
Penyerahan hadiah loba resensi langsung oleh Bupati Jepara Dian Kristiandi

JEPARA (SUARABARU.ID ) – Literasi menjadi salah satu tolok ukur kemajuan bangsa. Sudah menjadi kesepakatan organisasi internasional bahwa salah satu alat untuk menentukan tingkat kemajuan berbangsa adalah dengan literasi. Namun, tingkat literasi Indonesia masih terbilang rendah. Demikian juga di Kabupaten Jepara.

Kondisi ini memicu keprihatinan H. Dian Kristiandi selaku Bupati Jepara. Sehingga ia memprakarsai diadakannya lomba menulis resensi buku bagi guru PAUD/setara, SD/setara, dan SMP/setara. Materinya adalah buku “Langkah Kepemimpinan Bupati Jepara H. Dian Kristiandi Mengalir dari Hati untuk Bumi Kartini”.

Lomba yang mengambil tema “Peningkatan Budaya Literasi Guru Melalui Penulisan Resensi Buku” tersebut diawali dengan sosialisasi serta pengumpulan karya mulai tanggal 8 sampai dengan 15 Maret 2022.

blank
Para pemenang bersama Bupati Jepara dan Kadisdiporta Jepara

Agus Tri Harjono, SH, MM selaku Kepala Disdikpora yang menjadi pelaksana lomba menyampaikan bahwa lomba ini bertujuan untuk mengasah dan mempertajam kemampuan guru dalam berliterasi khususnya dalam membaca dan menulis. Walaupun rentang waktu yang diberikan panitia relatif singkat, ternyata tidak mengurangi semangat guru di Jepara untuk ikut berkompetisi.

Terbukti sampai batas akhir pengumpulan, sejumlah 238 karya diterima panitia yang terdiri dari PAUD/setara sebanyak 63 karya, SD/setara sebanyak 151, dan SMP/setara sebanyak 24.

Judul buku yang menjadi bahan menulis resensi peserta lomba adalah Langkah Kepemimpinan Bupati Jepara H. Dian Kristiandi Mengalir dari Hati untuk Bumi Kartini. Buku ini menceritakan perjalanan hidup Bupati Jepara, sosok pemimpin yang dikenal ramah dan dekat dengan masyarat.

Hal inilah yang menggugah Arif Darmawan, dkk untuk menuliskan perjalanan karier dan hidup H. Dian Kristiandi dalam bentuk buku biografi. Dari perjalanan hidup Bupati Jepara ini  terkandung banyak pelajaran berharga dan motivasi yang dapat diteladani.

Setelah melalui proses penilaian, akhirnya terpilih  oleh tim juri para juara untuk masing-masing jenjang. Tim juri terdiri dari Dwi Riyanto (guru SMP), Ahmad Saefudin ( Dosen Unisnu), Udik Agus DW (Pengawas SMA), Ruji Martono ( guru SMA Mlonggo ) Ahmad Hasan (Ketua Forum TBM Jepara) yang juga akrab dipanggil Den Hasan.

Untuk tingkat PAUD/setara, juara I diraih oleh Ulfa Shofiyastuti, S. Pd (KB Ittihadul Muslimin Kedung), juara II Mardiyah, S. Pd (TK Nurul Huda Welahan), dan juara III Fira Nur Amaliya (Pos PAUD Kasih Bunda Bangsri).

Pada jenjang SD, juara I Adi Purnomo, S. Pd. I (SDN 1 Kaliaman Kembang), juara II Maimunatul Inthikhanah, S. Pd (SDN 6 Mulyoharjo Jepara), dan juara III Eva Istiyani, S. pd (SDN 2 Bandungharjo Donorojo).

Masing-masing pemenang (perjenjang) mendapatkan hadiah dari Bupati Jepara berupa piala, piagam, dan uang pembinaan sebesar Rp. 1.500.000 untuk juara I Rp. 1.250.000 untuk juara II, dan Rp. 1.000.000 untuk juara III.

Pada jenjang SMP, juara I Lis Dany Zusnafiah, S. Pd (SMP IT Insani Jepara), juara II Ardi Setiyawan, S. Pd., M. Pd (SMP Islam Miftahul Huda Pakisaji), dan juara III Syaifudin (SMPN 1 Pecangaan).

Pengumuman pemenang dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 18 Maret 2022 pukul 19.00 WIB bertempat di aula Sultan hadlirin (Aula OPD Bersama Lantai III) bersamaan dengan kegiatan launching serta bedah buku Langkah Kepemimpinan Bupati Jepara H. Dian Kristiandi Mengalir dari Hati untuk Bumi Kartini

Penyerahan hadiah, langsung oleh Bupati Jepara sehingga 9 peserta yang berhasil juara merasa bangga dan senang. Selain itu juga, setiap peserta akan mendapatkan piagam keikutsertaan oleh Bupati Jepara.

Hadepe – Wur