blank
Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno (kanan memakai destar) didampingi Bupati, Wakil Bupati dan Forkompimda Pacitan, berkunjung ke Pacitan, Jatim, untuk menganugerahkan ADWI kepada Desa Sendang, Kecamatan Pringkuku, Pacitan.(Foto:Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) –┬áSendang, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jatim, mendapatkan anugerah sebagai Desa Wisata Nasional Indonesia (ADWI). Anugerah prestisius itu, diserahkan oleh Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno.

Prokopim Pemkab Pacitan, semalam, mengabarkan, Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahudin Uno, Sabtu (12/3),menyerahkan anugerah predikat Desa Wisata Nasional itu, bersamaan agenda sehari melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Pacitan.

Di Kabupaten berjuluk Paradise Of Java tersebut, Menteri melakukan beragam kegiatan. Diantaranya mengikuti dan menyerahkan hasil kejuaraan Fun Run 10 K (Ten-K) yang mengambil start dari objek wisata Sentono Genthong dan finish di Objek Wisata Pantai Srau Kecamatan Pringkuku.

Dari Pantai Srau, Menteri Sandiaga Salahudin Uno bersama Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji dan rombongan, menuju Pantai Ngiroboyo Desa Sendang. Di objek wisata yang berdampingan dengan Pantai Klayar ini, Menteri menyerahkan anugerah ADWI kepada Desa Sendang.

”Desa Sendang Tahun 2021 lalu, masuk 300 besar desa wisata terbaik, dan tahun ini mudah-mudahan bisa ditingkatkan. Harapannya, kita tadi melewati begitu banyak lokasi yang potensi. Mudah-mudahan atas kepemimpinan Bapak Bupati, akan lebih berkembang lagi,” tandas Menteri Sandiaga Uno.

Program Unggulan

ADWI, merupakan program unggulan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), yang diharapkan mampu menggali potensi-potensi desa wisata yang ada di seluruh Indonesia. Selain menyaksikan paparan potensi Desa Sendang Menparekraf juga berkesempatan melihat dari dekat pameran UMKM.

blank
Dalam kunjungannya di Kabupaten Pacitan, Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno (kanan depan) mengenakan kaos bertulisakan One Day Sport Tourism, ikut menyemarakkan lari dalam event Fun Run 10 K (Ten-K).(Foto: Prokopim Pacitan)

Di lokasi Pantai Ngiroboyo, Menteri yang hobi berolahraga ini, peduli menyapa para pemancing ikan, yang kemudian dilanjutkan bermain bola voli pantai, serta mencoba wahana air paddleboard Sungai Maron.

”Terima kasih Desa Sendang bisa masuk menjadi desa wisata. Ke depan akan ada desa-desa wisata lain yang mengikutinya. Semangatnya sangat baik, menjadikan pariwisata yang berangkat dari bawah, dan akan kembali ke masyarakat,” turur Bupati.

Menteri bersama Bupati selanjutnya menuju Pendopo Kabupaten Pacitan untuk mengikuti Workshop Ka-Ta (Kabupaten Kota) bersama para pelaku ekonomi kreatif Pacitan. Ka-Ta Kreatif merupakan program kolaborasi antara Kemenparekraf dengan pemerintah daerah, guna mendorong para pelaku UMKM berinovasi memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (Parekraf).

Sehingga peluang usaha dan lapangan kerja baru, dapat diciptakan bagi masyarakat.

Sebagai penutup agenda Kerja di Kabupaten Pacitan, Menteri Sandiaga, meresmikan Pujasera (Pusat jajanan Serba Ada) OK-OC Ina Makmur, di Desa Tanjungsari Kecamatan Pacitan.

Bambang Pur