blank
Bupati Jepara Dian Kristiandi bersama Balai Taman Nasional (BTN) Karimunjawa. melepas 85 tukik penyu sisik di pantai Firdus, Desa Parang

JEPARA (SUARABARU.ID) – Sebagai upaya konservasi alam sekaligus menjaga agar penyu ini tidak punah, Bupati Jepara Dian Kristiandi  bersama Balai Taman Nasional (BTN) Karimunjawa. melepas 85 tukik  penyu sisik di pantai Firdus, Desa Parang, Jumat ( 11/3-2022). Hadir Petinggi Parang, Zaenal Arifin.

Karimunjawa sendiri memiliki dua jenis penyu yaitu penyu hijau dan penyu sisik. Kedua jenis ini termasuk hewan dilindungi karena hampir punah. Oleh karena itu ia mendorong masyarakat agar menjaga habitat penyu dan tidak menangkapnya.

Bupati mengajak masyarakat untuk menjaga ekosistem penyu di wilayah kepulauan Karimunjawa. Penyu merupakan salah satu biota laut yang saat ini membutuhkan perhatian dan perlu dilindungi.

Pengendali Ekosistem Hutan, Balai Taman Nasional Karimunjawa, Kuswadi mengatakan, di Kepulauan Karimunjawa, pupulasi penyu semakin kecil. Namun, Balai Taman Nasional Karimunjawa berupaya untuk melestarikan. Sejak tahun 2003 yang semula hanya 200 penyu, sekarang sudah sekitar 500- an penyu.

Hadepe