JEPARA (SUARABARU.ID) – Penyaluran bansos BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) kali ini berbeda dengan penyaluran sebelumnya. Dulu KPM mendapatkan bantuan  berupa Paket Sembako seharga 200 ribu berupa komoditi beras, telur, buah, dan bahan protein lainnya melalui agen penyalur BPNT setempat.

Warga Desa Pancur menerima bansos tunai

“Di awal tahun 2022, pemerintah dalam hal ini Kemensos menerapkan skema yang berbeda yaitu Rp. 200 ribu/bulan/KPM diterimakan sekali dalam kurun tiga bulan (Januari-Maret) berupa uang tunai melalui PT.Pos Indonesia.” ucap Ariyanto pendamping sosial PKH Desa Pancur Kec.Mayong Kab Jepara.

Penyaluran ini merupakan penyaluran gelombang kedua di Desa Pancur dengan total KPM sebanyak 606 KPM/penerima (4/3-2022). Menurut keterangan tim verifikasi desa, Nadhifah  jadwal penyaluran yang sedianya dimulai pukul 09.00 WIB untuk kali ini diajukan menjadi pukul 08.00 WIB mengingat banyaknya penerima.

BACA JUGAIni Daftar Lengkap Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Jepara Masa Khidmat 2021-2026

“Petugas yang membantu penyaluran bansos BPNT kali ini terdiri atas 3 orang verifikator dari desa, 2 orang monitoring dari SDM PKH, 3 juru bayar dari PT. Pos dan seorang petugas keamanan Bhabinsa”, tambah Nadhifah.

“Diharapkan dengan diterimanya bansos BPNT dengan skema tunai sejumlah 600 ribu/KPM ini, penerima dapat mempergunakan uangnya dengan bijak sesuai ketentuan yaitu dibelanjakan barang sembako berupa kebutuhan karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral yang dapat diperoleh di Agen penyaluran BPNT setempat atau warung tetangga terdekat,” pungkas Nadhifah di sela-sela bertugas.

“Penerimaan bansos BPNT ini berdasarkan DTKS Pusdatin Kemensos yang sudah dipadankan dengan dengan Disdukcapil setempat yaitu terdiri dari KPM Non PKH dan KPM PKH. Selain itu, peran serta Kelompok Usaha Bersama (KUBE-PKH Desa Pancur) di event penyaluran kali ini sangat baik.

BACA JUGA Bupati Jepara : Pancasila Tidak Boleh Hanya Dihafalkan

KUBE-PKH Manfa’at yang hadir di pendopo Desa Pancur memberi warna dengan berjualan produk KUBE-PKH aneka minuman Cup karya KPM PKH Desa Pancur”, imbuh Ariyanto.

Alvaros – Ari