Wagub Jateng saat melihat proses produksi rokok di PR Sukun. Foto:Suarabaru.id

KUDUS (SUARABARU.ID) – Wakil Gubernur Jateng KH Taj Yasin Maimoen melakukan pantauan penerapan protokol kesehatan (prokes) di Perusahaan Rokok (PR) Sukun Kusus, Sabtu (5/3).

Dalam kunjungan tersebut, Wagub sempat terpaku ketika melihat para buruh perempuan melantunkan shalawat di sela-sela bekerja.

“Itu tadi selawat tibbil qulub ya. Ya selain protokol kesehatannya sudah dijalankan dalam artian fisiknya dijaga, batinnya juga dijaga dengan selawat, ini menarik kalau bisa seperti itu,” kata Gus Yasin usai berkeliling pabrik.

Terkait penerapan protokol kesehatannya, PR Sukun dirasa telah menjalankan dan menerapkannya dengan baik. Mulai dari pengaturan jumlah pekerja, pengaturan jarak, hingga sarana prasarana yang mendukung.

“Tadi bisa dilihat bangku yang biasanya dibuat dua orang hanya diisi oleh satu orang saja itupun masih ada pembatasnya, insyaallah keamanannya terjaga,” paparnya.

Seorang buruh PR Sukun saat bekerja melinting rokok. Foto:Suarabaru.id

Dalam kesempatan tersebut, Wagub juga mengucapkan terima kasih kepada PR Sukun. Karena perusahaan rokok ini masih mempertahankan padat karya di tengah gempita teknologi.

“Kawan-kawan Sukun kami ucapkan terima kasih karena masih mempertahankan padat karyanya. Artinya masih mempekerjakan banyak tenaga manusia,” ucap Gus Yasin usai kunjungan.

Bahkan menurutnya, di bagian sigaret kretek mesin (SKM) yang masuknya sudah teknologi masih ditemui pekerja manusia. Hal tersebut tentunya tetap menjadi peluang bagi masyarakat untuk bekerja di PR Sukun.

Sebelum meninjau penerapan prokes di lingkungan pabrik, Gus Yasin juga melakukan tinjauan pelaksanaan vaksinasi yang digelar PR Sukun halaman Sukuntex.

Gus Yasin mengapresiasi peran perusahaan swasta di Kudus, salah satunya PR Sukun yang giat membantu upaya pemerintah dalam percepatan vaksinasi bagi masyarakat.

“Dengan terus digenjotnya vaksinasi, semoga pandemi segera berakhir dan perusahaan juga bisa mempekerjakan karyawannya dengan baik,”ungkapnya.

Tm-Ab