Operasi Keselamatan lalu lintas
Kapolres Magelang Kota, AKBP Yolanda Evalyn Sebayang secara simbolis menyematkan pita tanda operasi bagi perwakilan petugas yang akan melaksanakanOperasi Keselamatan Lalu-lintas Candi 2022 . Foto; Yon

MAGELANG, (SUARABARU.ID)- Sebanyak 82 personil dilibatkan dalam  Operasi Keselamatan Lalu-lintas Candi 2022 di wilayah hukum Polres Magelang selama 14 hari ke depan.

“Ke-80 personil yang dilibatkan tersebut terdiri atas personil Polres Magelang Kota, Kodim 0705/ Magelang, Sub Denpom IV/2-1 Magelang, Dinas Perhubungan dan Satpol PP,” kata Kapolres Magelang Kota, AKBP Yolanda Evalyn Sebayang usai gelar pasukan Operasi Keselamatan Lalu-lintas Candi 2022, Selasa(1/3/2022).

Yolanda mengatakan,  pelaksanaan Operasi Keselamatan Lalu- Lintas Candi 2022  tersebut  bertujuan untuk  mewujudkan budaya tertib berlalu lintas guna menciptakan situasi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas yang  yang kondusif.

Selain itu, kegiatan operasi  tersebut juga bertujuan untuk mengurangi angka kecelakaan lalu-lintas yang hampir terjadi setiap hari di wilayah hukum Polres Magelang Kota yang sebagian besar diakibatkan karena faktor manusia.

“Hampir setiap hari, di wilayah  hukum Polres Magelang Kota, terjadi kecelakaan lalu-lintas. Namun, sebagian besar merupakan kecelakaan tunggal yang diakibatkan human error,” katanya.

Ia menambahkan, selama pelaksanaan operasi tersebut, pihaknya akan memberikan tindakan tegas berupa penilangan bagi para pelanggar aturan berlalu-lintas.

Seperti menerobos lampu pengatur lalu-lintas, melawan arus lalu-lintas . Selain itu, sasaran utama   penindakan yakni  kelengkapan kendaraan bermotor dan surat-surat kendaraan.

“Meskipun kami melakukan tindakan tegas berupa penilangan, kami tetap mendepankan  tindakan preemtif dan preventif disertai tindakan  persuasif serta humanis,” katanya.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Magelang Kota, AKP Supriyanto menambahkan, operasi tersebut juga untuk mengurangi angka  pelanggaran lalu-lintas di wilayah hukum Polres Magelang masih cukup tinggi, yakni sekitar 200 pelanggaran setiap bulannya.

“Pelanggaran lalu-lintas yang menionjol yang kasat mata  antara lain tidak memakai helm dan penggunaan knalpot yang tidak standar pabrikan,” katanya.

Ia menambahkan, selain petugas Satlantas yang diterjunkan selama pelaksanaan Operasi Keselamatan Lalu-Lintas Candi 2022 tersebut, sejumlah personil dari satuan lainnya juga dilibatkan.  Yon