blank
Sesi penyampaian hasil asesmen GCG bersama manajemen PTSG. Foto: Humas SG

REMBANG (SUARABARU.ID) PT Semen Gresik (PTSG) mencatatkan skor 92,692 dengan klasifikasi sangat baik dalam pencapaian Assessment Good Corporate Governance (GCG) atau penilaian tata kelola perusahaan yang baik pada tahun 2021.

Kepala Unit Legal & GRC PTSG, Ahmad Jibril, mengungkapkan pencapaian skor GCG tahun 2021 sebesar 92,692 (92,69%) sangat eksponensial karena mengalami kenaikan signifikan dibanding 2020 dengan skor GCG 87,56 (87,56%) dan mempertahankan kualifikasi sangat baik.

“Predikat sangat baik pada skor GCG ditentukan di skala 85%-100% pada semua aspek yang dinilai,” kata Jibril.

Lanjut Jibril, meskipun di tengah tantangan pandemi Covid-19, peningkatan skor GCG tahun 2021 juga berhasil melebihi dari target yang diminta oleh PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) selaku induk perusahaan yaitu dengan nilai sebesar 92.

”Capaian ini membuktikan Semen Gresik telah memiliki kecukupan sistem dan infrastruktur yang mendukung implementasi prinsip-prinsip GCG. Harapan kami, skor ini juga memberi dampak positif terhadap kinerja perusahaan, sekaligus tantangan untuk terus menerus melakukan perbaikan,” kata Jibril dalam siaran persnya, Senin (28/2/2022).

Diungkapkannya, tujuan dilakukan assessment adalah untuk mengukur kualitas penerapan GCG melalui penilaian tingkat pemenuhan kriteria dengan kondisi nyata yang diterapkan di Semen Gresik melalui pemberian skor atas penerapannya dan kategori kualitas implementasinya.