blank
Wali Kota Muchamad Nur Azis menemui warga yang antri vaksin Covid-19, (Dok)

 

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Dinas Sosial menyalurkan bantuan paket sembako kepada warga yang terkonfirmasi positif dan sedang melakukan isolasi mandiri.

‘’Bantuan berwujud makanan untuk warga yang menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah,’’ kata Kepala Dinsos Kota Magelang, Bambang Nuryanto, kemarin.

Setiap jiwa mendapatkan bantuan 5 kg beras, 5 mi instan, kecap, minyak 1 liter dan telur 1 kg. Bantuan dikirim melalui petugas Dinsos kepada Satgas Jogo Tonggo tingkat RW.

Terkait itu, dia meminta masyarakat dan Satgas Jogo Tonggo proaktif melaporkan bila ada keluarga yang sedang menjalani isolasi mandiri. Dengan cara itu  Dinsos tidak sulit mendistribusikan bantuan.

‘’Penyerahan bantuan dilakukan oleh kelurahan dan Satgas Jogo Tonggo masing-masing dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan. Bantuan diletakkan di depan rumah, kemudian yang bersangkutan mengambil paketnya tersebut,’’ tuturnya.

Dia berharap, bantuan paket sembako ini bisa memaksimalkan warga menjalani isoman, sehingga tidak perlu beraktivitas di luar rumah.

‘’Bantuan juga mengurangi tingkat stress masyarakat yang sedang isoman, sehingga pemulihannya bisa lebih cepat. Itu harapan kami,’’ terangnya.

Mantan Sekretaris Badan Kesbangpolinmas mengatakan, selain membagikan bantuan, pihaknya juga aktif mengedukasi masyarakat supaya tetap mematuhi protokol kesehatan 5M dan mengikuti vaksinasi, demi menekan angka kasus Covid-19 di Kota Magelang.

‘’Kami sampaikan kepada masyarakat untuk tetap menjalankan segala aktivitas dengan protokol kesehatan secara ketat. Kemudian vaksinasi, karena usaha ini menjadi upaya mengurangi risiko gejala parah Covid-19,’’ jelasnya.

 

Doddy Ardjono