blank
Bakso Aci Super Pedas. Foto: Jaba.poskota

(SUARABARU.ID)- Banyak gerai pinggir jalan yang menyajikan aneka kuliner menggugah selera. Mulai dari gorengan, berkuah, hingga makanan kering lainnya.

Menariknya, meski banyak yang mengatakan jajanan pinggir jalanan kurang higienis, namun keinginan orang untuk menikmatinya tak pernah surut, Dilansir Jabar.poskota, Selasa (15/2/2022)

Jika kamu pecinta kuliner pinggir jalan atau street food, kamu bisa lho, membuatnya sendiri di rumah. Daripada setiap hari harus mengeluarkan uang, lebih baik buat sendiri dan lebih terjamin kebersihannya.

Baca Juga: Resep: Cheese Roll Pastry

Beberapa jajanan pinggir jalan yang bisa kamu coba buat sendiri di antaranya aneka gorengan, siomay, batagor dan lainnya. Cara membuat Bakso Aci Pedas Ala Jajanan Pinggiran :

Bahan-bahan:
– 4 sendok makan tepung tapioka
– 2 buah tahu belah 2
– 1 sendok teh kaldu bubuk (optional)
– 2 sendok makan tepung terigu serbaguna
– 4 siung bawang putih,haluskan
– 100 ml air

Bumbu halus kuah:
– 3 siung bawang putih
– 2 buah cabai merah keriting
– gula secukupnya
– 2 siung bawang merah
– 5 buah cabai rawit merah
– garam secukupnya.

Baca Juga: Resep Jajanan: Sempolan Ayam Rasa Udang

Pelengkap:
– 1 buah jeruk limau
– pilus cikur (opsional)
– 1 batang daun bawang, iris halus

Cara memasak:
1. Panaskan air, kemudian bumbui dengan bawang putih halus, garam, dan kaldu bubuk sampai mendidih
2. Campur tepung tapioka dan tepung terigu. Tuangi air rebusan bawang putih yang sudah dibuat tadi sedikit demi sedikit sampai menjadi adonan yang bisa dibentuk dengan tangan
3. Bentuk menjadi bulatan atau bakso lonjong. Ambil tahu dan keruk bagian tengahnya, lalu isi dengan sisa adonan aci.

Baca Juga: Delapan Resep Kreasi Roti Bebas Gluten dari Tepung Sagu

4. Siapkan minyak goreng dalam jumlah banyak. Masukkan sebagian adonan yang telah dibentuk ke dalam minyak dingin, lalu nyalakan api besar. Goreng hingga matang, lalu angkat dan sisihkan
5. Proses bahan-bahan bumbu halus, kemudian panaskan air secukupnya untuk membuat kuah. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak sampai harum, kemudian nutrijell masukkan ke dalam rebusan kuah
6. Masukkan sisa adonan bakso aci yang belum digoreng dan bakso tahu ke dalam kuah. Masak sampai mengambang, kemudian angkat dan sajikan.

Claudia