blank
LOKASI RELOKASI - Bupati Tegal Hj Umi Azizah menunjukan tempat untuk relokasi rumah warga yang terdampak tanah bergerak. (foto: nino moebi)

SLAWI (SUARABARU.ID) – Mulai Selasa (14/2/2022) warga korban tanah bergerak akan dibuatkan rumah baru. “Kami sudah menyiapkan lahan besok sudah mulai membangun tempat hunian untuk relokasi 26 rumah,” kata Bupati Tegal Umi Azizah di Posko tanggap bencana Desa Dermasuci, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah Senin (14/2/2022).

Terkait rekomendasi ESDM lima tahun lalu untuk mengosongkan kawasan tersebut karena rawan bencana, Bupati Tegal Hj Umi Azizah mengaku sudah woro-woro kepada warga masyarakat.

“Dari segi geologi memang tidak aman, tapi masyarakat memang enggan meninggalkan tempatnya ya. Bahkan sudah ada yang direlokasi ternyata kembali ke tempat tinggal mereka,” kata Umi Azizah.

Ini mungkin ada hikmahnya bagi mereka, semakin yakin bahwa memang bahwa siklus lima tahunan ini akan terjadi. Alhamdulillah kami sudah menyiapkan lahan sehingga besok sudah mulai action membangun tempat hunian untuk relokasi 26 rumah .

Pembangunan 26 rumah pertama kata Umi Azizah diprioritaskan untuk yang harus direlokasi. Lokasi untuk relokasi rumah berada di bawah dengan jarak sekira 3 Km dari lokasi bencana.

Terpisah Sekda Kabupaten Tegal, Widodo Joko menyampaikan pihaknya akan bergerak cepat relokasi bahwa pemerintah hadir. “Hari ini kita bersama Bupati meninjau lokasi bencana yang mana tempat relokasi di lahan masih bisa menampung sekira 50 rumah. Dan relokasi yang diutamakan adalah 26 rumah rusak yang akan diusahakan,” ujar Joko.

Lahan yang disiapkan kata Joko bisa menampung bangunan 50 rumah type 36. “Diusahakan secepatnya bantuan-bantuan dari CSR, dari Korpri maupun bantuan dari yang lain,” pungkas Joko.

Nino Moebi