blank
Semarak pelaksanaan HPN 2022 tingkat Jateng, di antara dengan pemasangan baliho di beberapa ruas jalan protokol Kota Semarang, serta pemasangan spanduk dan banner di Kantor PWI Jateng. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 tingkat Jawa Tengah, mendapatkan apresiasi banyak pihak, karena inovatif dan menyentuh kalangan stakeholder.

Kabag Humas dan Protokol Pemprov Jawa Tengah, Agung Kristiyanto menilai, agenda HPN 2022 yang akan digelar PWI Jateng penuh gebrakan dan beragam. Dia juga melihat, HPN juga sudah tersosialisasi dengan pemasangan baliho di beberapa sudut Kota Semarang.

Menurut dia, itu menandakan sebagai organisasi kewartawanan, PWI Jateng telah menunjukkan kesolidan dan profesionalisme dalam kinerjanya.

BACA JUGA: Kematian Rayan Yang Jatuh ke Sumur Di Maroko Undang Simpati Dunia

”Kami mengapresiasi peringatan HPN Jateng tahun ini, yang beragam dan inovatif. Semoga ini memberikan manfaat bagi insan pers sendiri, maupun kalangan pemangku kepentingan,” kata Agung, saat dihubungi Senin (7/2/2022).

Dia berharap, perayaan HPN ini dijadikan momentum untuk menguatkan dan memantapkan sinergitas antara PWI dengan pemprov, lintas lembaga dan masyarakat. Selain itu, menjadi momentum yang tepat untuk meningkatkan profesionalisme, sehingga produk jurnalistik yang dihasilkan bisa mengedukasi dan bermanfaat bagi masyarakat.

Agung juga mengingatkan, karena saat ini masih dalam masa pandemi covid-19 dan angkanya sedikit naik, dalam perayaan HPN, para insan pers tetap disiplin untuk menjaga protokol kesehatan, dengan penerapan 5M.

BACA JUGA: Rekomendasi Mini Serial Drama China WeTv Terpopuler

”Sekali lagi, kami ucapkan selamat kepada para insan pers yang merayakan HPN. Semoga tetap solid, kuatkan jejaring, serta meningkatkan solidaritas, sikap peduli dan empati kepada masyarakat, di tengah pandemi saat ini. Dan jangan lupa menjaga prokes,” pesan dia.

Sementara itu, Ketua PWI Kabupaten Purbalingga Joko Santoso menilai, agenda HPN 2022 ini terlihat sangat berbeda, karena mengolaborasikan nilai-nilai religius, brainstorming bersama dunia kampus, wisata dan kental dengan pelibatan stakeholder.

”Kami PWI di daerah mengapresiasi program HPN tingkat Jateng yang tampil beda. Saya melihat ada kegiatan khataman Alquran dari kalangan wartawan. Ini mungkin belum ada di Indonesia, dan baru pertama kalinya,” ungkap Joko.

BACA JUGA: Tangan Patah Masih Diperban, Ganjar Langsung Lakukan Aktivitas

Dia menambahkan, di Purbalingga sendiri kegiatan HPN sama seperti dulu, yaitu tasyakuran pada Rabu (9/2/2022), bakti sosial dan bekerja sama dengan Polres mengadakan vaksinasi massal.

Sedangkan Ketua PWI Kabupaten Jepara, Budi Santoso mengakui, agenda-agenda HPN sudah mencakup semua yang berdekatan dengan dunia kewartawanam, karena itu merupakan bentuk dari sebuah sinergitas.

”HPN tahun ini keren. Semua ada di sini. Ada bentuk kegiatan kerohanian, sarasehan, wisata dan kunjungan. Komplet,” puji Budi Erje, panggilan akrabnya.

BACA JUGA: Rakernas Siwo PWI Bahas Lima Agenda Penting

Sementara Kegiatan HPN di Jepara, terang dia, di antaranya tasyakuran pada Rabu (9/2/2022), dan pelatihan jurnalistik bagi siswa SMA pada akhir bulan ini.

Hal senada disampaikan Ketua PWI Kabupaten Grobogan, Felek Wahyu. Menurutnya, HPN tahun 2022 lebih meriah dan semarak. Kegiatan yang digelar juga menjadi ajang promosi daerah, khususnya Kendal sebagai tuan rumah dan Jateng pada umumnya.

”Saya melihat, HPN tahun ini tidak saja untuk internal organisasi, namun momen HPN juga bermanfaat dan bisa dirasakan masyarakat pada umumnya,” ujar Felek, sambil menyebut kegiatan HPN di Grobogan meliputi doa bersama, silaturahmi dengan sesepuh PWI dan bersama pemkab melakukan sosialisasi potensi wisata.

BACA JUGA: Kedokteran Unissula Perluas Kerja Sama di Cirebon

Kegiatan HPN Tingkat Jateng sendiri dimulai pada Selasa (8/2/2022), yaitu ziarah ke makam para wartawan, khataman Alquran dan pemberian santunan di Gedung Pers. Masih di tempat yang sama, keesokan harinya Rabu (9/2/2022) diadakan tasyakuran HPN dengan pemotongan tumpeng, penyerahan tali asih dan sambung rasa, yang menghadirkan nara sumber wartawan lintas generasi.

Sementara itu, pada Rabu (16/2/2022) digelar talkshow empat rektor (Udinus, USM, Unissula dan Unika Soegijapranata). Puncak HPN 2022 tingkat Jateng dimulai pada Kamis (17/2/2022), dengan kegiatan ramah tamah di Pendapa Bahurekso Kabupaten Kendal.

Keesokan harinya, Jumat (18/2/2022), ada pemecahan rekor Muri berupa minum kopi sebanyak 20 ribu cup, dan kunjungan ke Kawasan Industri Kendal.

BACA JUGA: KPH Mantingan Survei Untuk Buka Bisnis Baru Lewat Agroforestri Tebu Mandiri

Sebagai akhir dari keseluruhan rangkaian acara dilaksanakan pada Sabtu (19/2/2022), dengan kegiatan One Day Tour, di sejumlah destinasi wisata alam Kendal, lomba jurnalistik.

Dan pada malam harinya diadakan resepsi dengan agenda orasi jurnalistik oleh Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, dan penyerahan penghargaan kapada insan dan lembaga yang berperan mendukung kegiatan peningkatan kompetensi wartawan.

Riyan