blank
Bupati Jepara Dian Kristiandi, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Zamroni Lestiaza saat menikmati kuliner tradisional

JEPARA (SUARABARU.ID) – Desa Tengguli Kecamatan Bangsri terus berbenah  menjadi desa  wisata degan menjadikan Taman Wisata Loka Jaya sebagai daya tarik. Taman ini di bangun tahun 2018 lalu oleh Pemerintah Desa Tengguli dan  kemudian dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata.

Hal tersebut diungkapkan oleh Petinggi Desa Tengguli Fatkurrahman dalam acara Gebyar Loka Jaya di desa tersebut, Minggu (6/2/2022).  Acara dengan tema “Sinergitas Menuju Desa Tengguli sebagai Desa Wisata yang Memesona” ini berlangsung di Taman Loka Jaya Tengguli Bangsri.

Hadir dalam acara ini    Bupati Jepara Dian Kristiandi, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Zamroni Lestiaza, Camat Bangsri Deby Nifandrian, dan perangkat desa setempat.

Menurut Fatkurrahman sebelum menjadi Loka Jaya, dulunya lahan tersebut menjadi lintasan arena grasstrack. Kemudian diganti nama menjadi Seribu Randu. Namun saat acara Tilik Desa 2018 lalu, Fatkurrahman mendapat saran dari Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Arif Darmawan, agar namanya diganti dan  dan jadilah sekarang Loka Jaya.

Sarana pendukung saat ini  antara lain kolam renang, gazebo, tempat parkir, warung makan, dan masih banyak lagi. Rencananya ke depan akan dijadikan agro wisata.

Fatkurrahman menjelaskan, pemerintah desa Tengguli mempunyai lahan 5 hektare. Lahan tersebut akan dimanfaatkan untuk menata Loka Jaya menjadi destinasi wisata yang menarik. Selain itu, nantinya juga akan meningkatkan perekoniman warga masyarakat.

Oleh sebab itu petinggi minta  dukungan kepada Bupati Jepara untuk pengembangan taman wisata Loka Jaya. Tidak hanya itu, Fatkurrahman juga mengajukan agar Pokdarwis Desa Tengguli dibuatkan Surat Keputusan (SK) Pengelolaan wisata.

Bupati Jepara Dian Kristiandi dalam sambutannya mengatakan, wisata Loka Jaya akan menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun luar kota. Pemandangan alam yang sejuk dan berada di persawahan dengan aliran air sungai, tentu akan menjadi pembeda.

Andi menegaskan, kuliner pendukung akan sangat berkesan dan menambah daya dukung wisata Loka Jaya. “Saya sangat mendukung Desa Tengguli menjadi desa Wisata. Dalam waktu dekat akan kami buatkan SK wisata,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Andi memberi piagam penghargaan kepada Desa Tengguli sebagai rintisan desa wisata. Menurutnya, ini karena obyeknya sudah memenuhi syarat.

Hadepe