blank
Salah satu tempat atau jalur yang akan dilalui dalam One Day Tour dengan berwisata alam mengendarai jeep. di kawasan dataran atas Kendal. Foto: dok/ist

KENDAL (SUARABARU.ID)– Puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2022 tingkat Jawa Tengah, yang dipusatkan di Kabupaten Kendal pada 17-19 Februari mendatang, diyakini akan menyulut euforia masyarakat, karena unik dan bersejarah.

Tak tanggung-tanggung, semua stakholder mulai dari desa/kelurahan, kecamatan hingga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Kendal, terlibat untuk memeriahkan HPN.

Menurut Ketua PWI Kabupaten Kendal, Agus Umar, HPN 2022 tingkat Jateng di Kendal sarat inovasi, karena menyuguhkan ragam kegiatan spesial. Seperti pemecahan rekor Museum Rekor Dunia-Indonesia (Muri) minum kopi 20 ribu cup, bazaar dan webinar UMKM.

BACA JUGA: Kemenkumham Jateng Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Warga Binaan

Selain itu, ada pula kunjungan ke Kawasan Industri Kendal (KIK), dan One Day Tour dengan berwisata alam mengendarai jeep di kawasan dataran atas Kendal, yang punya panorama memukau.

”Kami optimistis, pelaksanaan HPN di Kendal akan menyulut euforia semua lapisan masyarakat, dan menjadi momentum penting mendukung visi-misi bupati-wakil bupati, yang bertekad mewujudkan Kendal sebagai Kota Pariwisata dan Kota Industri,” kata Agus Umar di Kendal, Sabtu (5/2/2022).

Dikatakan dia, fokus rangkaian kegiatan HPN 2022 memang didesain mengimplementasikan gagasan Bupati Kendal Dico Ganinduto dan Wakil Bupati WS Basuki, dalam pengembangan industri dan pariwisata.

BACA JUGA: Puluhan Petani Peternak Kabupaten Blora Deklarasi Muhaimin Iskandar Presiden 2024

Maka kunjungan ke KIK yang diadakan setelah Shalat Jumat (18/2/2022), dan diliput dari berbagai media di Jateng, merupakan sarana melihat dari dekat potensi industri apa saja yang dimiliki kabupaten ini, termasuk peluang usaha, peningkatan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja.

Menurut Umar, salah satu inovasi pada HPN 2022 di Kendal memang pemecahan Rekor Muri meminum 20 ribu cup kopi yang digelar serentak, pada Jumat (18/2/2022) pagi.

”Berbarengan dengan pemecahan rekor Muri minum kopi ini, kami akan meminta Bupati untuk menetapkan Hari Minum Kopi bagi masyarakat Kendal. Entah itu hari apa yang nantinya dituangkan dalam SK. Artinya, pada Hari Minum Kopi itu semua masyarakat wajib minum kopi,” beber Umar, yang mengaku menggandeng Barista Nusantara untuk mengkoordinasi pemenuhan dua kuintal kopi dari Kendal, untuk program minum kopi kolosal.

BACA JUGA: BIN Jateng Geber Vaksinasi Anak untuk Antisipasi Gelombang Ketiga Covid-19

Agus Umar optimistis, jika gerakan ini sukses, maka program penyediaan kopi di Kendal akan melesat. Para petani kopi bersemangat bekerja, pengusaha kopi merasa gembira dan kafe-kafe laris manis.

Sekadar catatan, dari 20 kecamatan yang ada, 12 di antaranya penghasil kopi Robusta, Arabica dan Liberika. Beberapa daerah itu adalah Boja, Limbangan, Plantungan, Singorojo, Patean, Sukorejo dan Peguruyung.

”Bersamaan dengan kegiatan minum kopi, berkolaborasi dengan PWI Jateng, digelar webinar Perempuan sebagai influencer UMKM, yang menghadirkan para pembicara Ketua TP PKK Kendal Chacha Frederica, yang juga istri Bupati Kendal, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jateng, serta Menteri Koperasi dan UKM,” tambahnya.

BACA JUGA: Disiplin Prokes Menurun, Ini yang Dilakukan Tim Covid-19 Wonogiri

Masih dikatakan Umar, rangkaian kegiatan menarik lainnya di HPN yaitu, One Day Tour pada Sabtu (19/2/2022). Pada pagi hari para peserta diajak menjelajahi kawasan wisata alam Kendal, yang keelokannya tak kalah dengan lanskap Merapi dan Bromo.

Rencananya, para peserta berkelana menyusuri perkebunan karet Singorojo-Boja, Desa Wisata Gondang, berlanjut ke Desa Wisata Pakis dan Desa Wisata Tubing Genting serta Santosa Stable, untuk berkuda.

Kunjungan ke sejumlah desa wisata itu selanjutnya akan dijadikan materi tulisan para wartawan, untuk dilombakan.

BACA JUGA: Ngaku Wartawan Peras Petugas SPBU, Ditangkap Polres Pemalang

Malam harinya digelar resepsi HPN 2022 tingkat Jateng, di Pendapa Bahurekso Kendal, yang kebetulan bertepatan dengan ulang tahun ke-32 Bupati Kendal Dico Mahtado Ganinduto, yang lahir 19 Februari 1990.

Sementara itu, Ketua Panitia HPN 2022 tingkat Jateng, Solikun mengungkapkan, peringatan HPN tahun ini penuh warna, yang menggabungkan unsur religius, akademis, diskusi, pemecahan rekor, wisata dan orasi jurnalistik dari Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.

Rangkaian HPN tahun ini juga sangat spesial, karena menggelar unjuk wicara atau Talkshow Empat Rektor, pada Rabu (16/2/2022), dengan mengusung tema ‘Refleksi Hari Pers Nasional 2022’, di Conference Room Gedung Prof Muladi (Menara USM).

Empat rektor perguruan tinggi ternama di Kota Semarang akan menjadi narasumber, yaitu Rektor Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Prof Dr Gunarto SH MHum, Rektor Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang Prof Dr Ir Edi Noersasongko MKom, Rektor Universitas Semarang (USM) Dr Supari ST MT, dan Rektor Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang Dr Ferdinandus Hindiarto SPsi MSi.

Riyan