blank
Kementerian Hukum dan HAM Jateng dalam kegiatan peningkatan pelayanan kesehatan di lingkungan UPT Pemasyarakatan, di Lapas dan Rutan. Foto: Dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kementerian Hukum dan HAM Jateng tingkatkan pelayanan kesehatan di lingkungan UPT Pemasyarakatan, diantaranya di Lapas dan Rutan.

Kegiatan yang bertema “Berkolaborasi untuk Mengabdi Dengan Hati” ini digelar serentak pada Lapas dan Rutan di 30 Provinsi, antara FK KMK UGM, Asosiasi TNI dan Polri, BKKBN, YHKI, dan Koseindo.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jateng, A. Yuspahruddin yang diwakili Kepala Divisi Administrasi Jusman bersama PLT Kepala Divisi Pemasyarakatan, Supriyanto mengikuti kegiatan yang merupakan rangkaian Dies Natalis ke-76 FK KMK UGM, Sabtu (5/2/2022).

Kegiatan sendiri dibuka secara virtual oleh Wakil Ketua I KAGAMA, Budi Karya Sumadi yang merupakan Menteri Perhubungan Republik Indonesia.

Budi sangat mengapresiasi kegiatan yang berkolaborasi dengan berbagai pihak. Terlebih melalui program pengabdian masyarakat dan bakti sosial ini dapat memberikan informasi dan edukasi oleh pihak yang berkompeten.

Sebelumnya, Wakil Menteri Hukum dan HAM RI, Edward Omar Sharif Hiariej menyampaikan terima kasih atas digelarnya kegiatan yang dilakukan secara serentak di 30 Provinsi dan 47 titik di berbagai wilayah ini.

“Dalam menekan Covid-19, kerja sama akan memberikan manfaat yang sangat besar bagi tahanan maupun warga binaan yang ada di lembaga pemasyarakatan,” ungkap pria yang akrab disapa Eddy.

Di Jawa Tengah sendiri, selain Lapas Kelas IIA Perempuan Semarang, ada lima titik lain yang melaksanakan bakti sosial, antara lain Lapas Kelas IIA Magelang, Lapas Kelas IIA Purwokerto, Rutan Kelas I Surakarta, Rutan Kelas IIB Salatiga, dan Rutan Kelas IIB Kudus.

Adapun bakti sosial yang diterima warga binaan diantaranya pemberian vaksinasi Covid-19, penyuluhan keterampilan dan kepribadian dari KAGAMA, pemeriksaan kesehatan umum dan reproduksi bagi warga binaan, serta pemeriksaan Inspeksi Visual Asetat (IVA).

Kegiatan sendiri diikuti langsung dari aula Lapas Kelas IIA Perempuan Semarang yang dihadiri Karumkit Bhayangkara Tingkat II Semarang, M Khusnan, Kakesdam IV/Dip Kolonel Ckm dr. I Nyoman Linggih, Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Tengah, Widwiono, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Yulianto Prabowo, dan Kepala Lapas Kelas IIA Perempuan Semarang, Kristiana H.

Ning