Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Dukungan  penuh pengusulan Ratu Kalinyamat yang berasal dari Kabupaten Jepara, Jawa Tengah  sebagai pahlawan nasional muncul dari Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti saat kunjungan kerja di Semarang, Kamis (27/1-2022)

Secara tegas AA LaNyalla Mahmud Mattalitti memint Pemerintah Pusat menerbitkan persetujuan gelar pahlawan nasional itu, karena Ratu Kalinyamat memang layak mendapatkan gelar tersebut.

Menurut AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, berdasarkan silsilahnya, Ratu Kalinyamat merupakan keturunan Raja Demak Sultan Trenggana dan diperistri Sultan Hadirin yang merupakan sultan pemimpin Jepara.

Ia kemudian menjelaskan, pengajuan gelar pahlawan nasional untuk Ratu Kalinyamat juga didukung sumber-sumber yang memperkuat peran beliau di masa lampau. “Mudah-mudahan ini menjadi pertimbangan pemerintah untuk memberikan gelar bagi Ratu Kalinyamat,” ujarnya.

Sebelumnya para peringatan HUT PDI Perjuangan belum lama ini, Megawati Sukarno Putri juga menyebut Ratu Kalinyamat sejajar dengan para pahlawan perempuan Indonesia.

Pengajuan Ratu Kalinyamat sebagai pahlawan nasional untuk yang ke – 3 ini  muncul atas inisiatif dari Yayasan Dharma Bakti Lestari, dimana Wakil Ketua MPR RI  Lestari Moerdijat adalah Ketua Dewan Pembina YDBL. Disamping didukung oleh masyarakat Jepara, Lesbumi, pegiat budaya, Unisnu Jepara juga mendukung dengan mendirikan Pusat Studi Ratu Kalinyamat. Terakhir, beberapa waktu Bupati Jepara Dian Kristiandi menyerahkan rekomendasi  kepada Lestari Moerdijat di Jakarta.

Hadepe