blank
Petugas melakukan pengasapan sarang nyamuk di Sriwedari, Salaman, hari ini. Foto: eko

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID)-Tim gabungan yang melibatkan unsur dari Koramil, Polsek, Puskesmas Salaman dan Perangkat Desa Sriwedari bersama warga melakukan fogging (pengasapan), hari ini. Sasarannya di lingkungan Desa Sriwedari, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang.

Dalam kesempatan tersebut Danramil 20/Salaman, Lettu Cba Sugiyono, mengatakan bahwa di tengah wabah Covid-19, Koramil 20/Salaman tetap tidak melupakan ancaman penyakit Demam Chikungunya. Setiap ada permintaan dari Puskesmas langsung bergerak melakukan fogging. “Pengasapan ini untuk mencegah penyebaran nyamuk Aedes Aegypti agar tidak meluas,” katanya.

Dia menambahkan,  banyaknya keluhan tentang maraknya Demam Chikungunya di wilayah Desa Sriwedari selama musim hujan ini, pihaknya juga memberikan sosialisasi tentang pemberantasan sarang nyamuk (PSN), menjaga pola hidup bersih dan sehat, juga melakukan fogging untuk memberantas jentik nyamuk.

Senada dengan Danramil, Babinsa Sriwedari, Koptu Indaryanto, mengatakan bahwa selama ini memang fokus membantu pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19. Tetapi bukan berarti melupakan tugas yang lain, atau tugas-tugas kewilayahan.

“Kami mengimbau agar warga tidak hanya mengandalkan pengasapan atau fogging. Jika tidak menjaga kebersihan tentunya jentik-jentik baru akan kembali mengancam,” katanya.

Sementara itu Kaur Desa Sriwedari, Heri, menyampaikan ucapan terima kasih dan sangat mengapresiasi sinergitas dalam kegiatan tersebut. Menurut dia kegiatan fogging itu sangat penting.

“Tentu kegiatan fogging ini sangat penting, selain pemberantasan sarang nyamuk juga untuk meningkatkan kepedulian masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan yang bersih dan sehat,” katanya.

Eko Priyono