blank
Gereja Blenduk, salah satu bangunan cagar budaya yang ada di Kota Lama Semarang. Bangunan ini selain sebagai salah satu wisata sejarah, juga masih beroprasi sebagai tempat ibadah.
Foto: Rona Napitupulu

Ada sebuah prasasti yang tertulis pada tiang gereja yang juga merupakan perubahan yang dilakukan oleh Belanda pada gereja Blenduk.

97 Pendeta

Silsilah kependetaan di gereja Blenduk Kota Lama, dari zaman dulu hingga saat ini terdapat total 97 pendeta yang juga sudah tertulis pada dinding gereja.

Untuk kapasitas gereja sendiri bisa dihadiri jemaat hingga 300 jemaat, dan biasa terdapat tambahan kursi jika tidak cukup. Tetapi pada masa pandemi ini sudah barang tentu, jumlah jemaat yang beribadah dibatasi.

blank
Gereja Blenduk yang megak di Jalan Suprapto. Foto: wied

Pengunjung yang datang dari berbagai lintas budaya, ingin mengetahui sejarah gereja dan untuk apa gereja itu. Biasanya para anak sekolah dan turis yang mengunjungi gereja ini dan mengambil foto gereja, karena arsitekturnya yang unik.

Mengutip dari Indonesia.gp.id tak hanya bangunannya saja yang unik, beberapa benda maupun ornamen dalam gereja Blenduk inii memiliki kekhasan.

Orgel setinggi enam meter yang berusia lebih dari 200-an tahun menjadi salah satu benda unik yang dimiliki oleh gereja Blenduk. Alat musik berbentuk pipa-pipa ini sangat eksotik, dan menjadi bagian yang menarik dari bangunan ini.