blank
Para anggota KPRI MAS, saat mengikuti RAT yang menyediakan sejumlah doorprize menarik. RAT juga dilakukan secara online. Foto: dok/ist

DEMAK (SUARABARU.ID)– Jumlah piutang di KPRI Marsudi Ajining Sariro Kabupaten Demak mengalami penurunan 0,2 persen, bila dibanding pada tahun 2021. Jumlah piutang uang per 31 Desember 2021 mencapai Rp 9.356.625.328.

Sedangkan untuk tahun 2021 Rp 9.376.325.600, sehingga diketahui terdapat penurunan Rp 19.700.272. Ini terjadi karena jumlah peminjam berkurang, dan masih dalam situasi pandemi covid-19.

Hal itu seperti yang disampaikan Ketua KPRI MAS, Agus Musyafak, saat menyampaikan laporan pada acara Rapat Anggota Tahunan (RAT), yang dilaksanakan di Pendapa Satya Bhakti Praja, secara daring dan offline, Jumat (21/1/2022).

BACA JUGA: Tak Boleh Ada Wilayah RI yang Terisolasi

”KPRI MAS merupakan Koperasi Pegawai Republik Indonesia, dan tidak berorientasi profit. Namun KPRI MAS bertujuan utama menyejahterakan anggota. Seperti halnya syarat pinjaman tidak sulit dan tidak ribet, sehari saja sudah bisa langsung dimanfaatkan. Dan kita permudah pencairannya,” kata Musyafak.

Pada kesempatan itu, Bupati Eisti’anah dalam sambutan dan pengarahannya, menyatakan bangga dan mengapresiasi pada pengurus KPRI MAS, yang dapat menyelenggarakan RAT tepat waktu dan teratur. Ini juga sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992, tentang Perkoperasian.

Eisti’anah juga berpesan kepada pengurus dan jajaran pengawas KPRI MAS, untuk mempunyai komitmen dalam memajukan dan mengelola usaha. Baik secara efektif dan efisien, sehingga mampu bersaing dengan badan usaha lainnya.

BACA JUGA: 586 Gardu Ditribusi Listrik Padam Akibat Longsor

”Selanjutnya kepada seluruh anggota, untuk bisa turut serta memajukan KPRI MAS, jangan hanya mengejar hak, namun harus diimbangi dengan kewajiban dalam melaksanakan kegiatan berkoperasi,” lanjut Eisti’anah.

Terpisah, Bendahara KPRI MAS, Agung Hidayanto menyampaikan, koperasinya juga memberikan beasiswa bagi putra putri anggota yang berprestasi untuk semua golongan, dari SD/MI hingga perguruan tinggi, sebanyak 36 anak.

”KPRI MAS setiap tutup buku dalam acara RAT, memberikan beasiswa kepada putra putri anggota dari siswa SD/Sederajat hingga perguruan tinggi. Dan pada acara hari ini juga disediakan doorprize sebanyak 29 unit sepeda MTB, bagi peserta yang mengikuti offline maupun online,” pungkasnya.

Rudy-Riyan