blank
Pengiriman sedekah bumi Kamisan Wage Pedagang Pasar Bandungan dipimpin langsung oleh Santoso, Kepala Satib Pasar Bandungan ke Panti Asuhan Sint Thomas, Bergas pada Kamis (13/1/2022). Foto : Dok Istw.

BANDUNGAN (SUARABARU.ID) – Sedekah Bumi tiap hari Kamis Wage yang digelar para pedagang Pasar Bandungan, selain sebagai bentuk terimakasih dan ucap syukur para pedagang, juga sebagai ajang sosialisasi dan promosi kepada masyarakat.

Kegiatan yang dirangkaikan dalam bentuk kegiatan sosial tersebut, bersifat sukarela dari para pedagang berupa barang-barang dagangan, berupa sayuran dan lain-lain, yang didonasikan untuk berbagi kepada lembaga-lembaga sosial yang membutuhkan dan bergantian.

“Kegiatan ini mengandung maksud ibadah dan sifatnya sukarela tidak memaksa. Ada yang kasih dan ada yang tidak. Tergantung para pedagang masing-masing. Kiita salurkan ke panti asuhan dan lembaga sosial lain yang membutuhkan,” jelas Slamet Purnomo, Lurah Pasar Bandungan kepada awak media, Selasa (18/1/2022).

Diceritakan oleh Lurah Slamet, kegiatan tersebut merupakan inisiatif para pedagang lama dan awalnya hanya do’a bersama, bertepatan dengan hari lahirnya pasar Bandungan sebelum digeser ke tempat yang baru di Kelurahan Jetis, karena tempat yang lama sekarang sudah dibangun Taman Bandungan oleh Pemkab Semarang.

blank
Rombongan pengiriman sedekah bumi Kamisan Wage Pedagang Pasar Bandungan, yang dipimpin oleh Santoso diterima langsung oleh Suster Yohana, Kepala Panti Asuhan St Thomas, Bergas. Foto : Dok Istw

“Ya awalnya hanya do’a bersama atas inisiatif para pedagang bertepatan dengan hari lahir pasar Bandungan. Kemudian karena sumbangan para pedagang itu terlalu banyak, maka atas persetujuan pedagang barang-barang itu kita bagikan ke panti asuhan dan lembaga sosial lain,” ungkapnya.

Di tempat yang baru, lanjut Lurah Slamet, selain Kamisan Wage juga ada do’a tiap Rabu Legi, yang selalu diadakan di Mushola Pasar Bandungan.

“Ya karena tempatnya sudah pindah, dulu di Bandungan sekarang di Jetis, ya kita sesuaikan. Sebagai bentuk sosialisasi dan promosi, agar masyarakat luar juga semakin tahu, bahwa di sini sudah ada pasar yang besar dan megah,” harapnya.

Bantu Korban Erupsi Semeru

Kegiatan sosial Kamisan Wage pedagang Pasar Bandungan tersebut, juga telah ikut membantu masyarakat yang menjadi korban erupsi Gunung Semeru beberapa waktu lalu.

“Dua atau tiga kali kita kirimkan sumbangan dari para pedagang pasar Bandungan untuk korban erupsi kemarin. Alhamdulillah bisa bermanfaat,” jelas Santoso, Kepala Satuan Ketertiban Pasar Bandungan.

Selain itu, lanjutnya, pada bulan Januari 2022 ini baksos sedekah bumi Kamisan Wage diserahkan kepada Panti Asuhan Sint Thomas Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang.

“Pada Kamis Wage, 13 Januari 202w kemarin sedekah bumi kita kirimkan ke Panti Asuhan Sint Thomas, Bergas dan diterima langsung oleh Kepala Panti Suster Yohana,” jelas Santoso.

Absa