Ilustrasi Air Kelapa. Foto: Pixabay

JAKARTA (SUARABARU.ID)- Air kelapa mengandung beberapa nutrisi penting seperti magnesium, potasium, dan vitamin C. Tidak banyak yang membuktikan bahwa air kelapa sendiri bermanfaat bagi kesehatan dengan cara tertentu, tetapi air kelapa dapat dinikmati sebagai bagian dari diet yang bergizi dan menyeluruh.

Air kelapa dikenal sebagai Noelani atau “embun dari surga” di Hawaii, adalah cairan yang dikumpulkan dari kelapa utuh, Senin (17/1/2022).

Orang telah menggunakan pohon kelapa untuk nutrisi mereka sejak zaman kuno. Namun, baru-baru ini, air kelapa menjadi minuman pilihan bagi para pecinta kesehatan yang mencari minuman enak tanpa tambahan gula.

Baca Juga: Jepara dalam Lintasan Sejarah Nusantara

Dilansir dari Jabar.Poskota, air kelapa mengandung beberapa karbohidrat, ditambah itu merupakan sumber vitamin C dan elektrolit yang baik (seperti magnesium, klorida, dan natrium).

Melansir dari laman Greatist, berikut 4 manfaat air kelapa yang sebenarnya bisa ditawarkan diantaranya:

1. Digunakan untuk merehidrasi dan mengisi kembali elektrolit Anda

Air kelapa sebagian besar adalah air yang membantu menghidrasi Anda. Tapi itu juga mengandung elektrolit yang Anda habiskan melalui keringat. Elektrolit adalah komponen alami dari cairan tubuh. Anda membutuhkannya untuk fungsi penting seperti kontraksi otot, fungsi sel saraf, menjaga keseimbangan cairan, dan banyak lagi.

Baca Juga: Ibu Kasur dalam Google Doodle Hari Ini

Sebuah studi kecil tahun 2012 menunjukkan bahwa air kelapa sama efektifnya untuk mempromosikan rehidrasi setelah berolahraga dan mendukung kinerja olahraga sebagai minuman olahraga karbohidrat-elektrolit.

Namun, penelitian ini didanai oleh Vitacoco yang merupakan merek air kelapa yang digunakan dalam penelitian tersebut.

Ini bisa berdampak pada hasil studi. Plus, para pria melaporkan peningkatan kembung dan ketidaknyamanan perut saat minum air kelapa.

Baca Juga: Ada Song Kang, Kim Tae Ri, hingga So Ye Jin; Inilah Tiga Drakor Baru yang Bakal Tayang Februari Mendatang

Tidak banyak bukti bahwa air kelapa membantu Anda rehidrasi setelah aktivitas fisik, juga tidak ada bukti bahwa itu lebih efektif daripada minuman olahraga atau air putih biasa.

2. Mengandung senyawa antioksidan dan anti inflamasi

Seiring dengan nutrisi seperti magnesium dan potasium, air kelapa merupakan sumber padat senyawa antioksidan dan anti-inflamasi tertentu.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa air kelapa merupakan sumber senyawa yang mungkin memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi, termasuk senyawa fenolik seperti asam caffeic. Plus, mengandung beberapa vitamin C, yang bertindak sebagai antioksidan kuat dalam tubuh.

Baca Juga: K-beauty Jadi Tren Perawatan Kulit di Tahun 2022

Senyawa antioksidan ini dapat membantu melindungi dari kerusakan sel. Namun, tidak ada bukti bahwa minum air kelapa memiliki efek antioksidan atau anti-inflamasi yang signifikan pada manusia.

Jadi, jangan mengganti buah dan sayuran Anda dengan air kelapa.

3. Memiliki manfaat untuk kontrol gula darah

Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa air kelapa berpotensi menurunkan kadar gula darah dan kerusakan mata yang disebabkan oleh kadar gula darah tinggi.

Baca Juga: Dita Karang Jadi MC di Acara TV Korea, Idola Indonesia yang Membanggakan

Tetapi tidak ada penelitian pada manusia yang mendukung temuan ini sehingga tidak jelas apakah air kelapa adalah pilihan yang baik bagi mereka yang mengalami diabetes.

Peeps dengan diabetes atau pradiabetes harus mempertimbangkan bahwa, meskipun 100 persen air kelapa tidak mengandung gula tambahan, air kelapa mengandung gula alami.

Ini berarti bahwa air kelapa mempengaruhi kadar gula darah Anda. Berdasarkan kurangnya bukti manusia dan fakta bahwa air kelapa dapat meningkatkan gula darah, bukanlah ide yang baik untuk mengonsumsi air kelapa secara berlebihan.

Baca Juga: NFT Jadi Jejak Digital yang Unik Untuk Pelaku ekonomi Kreatif

4. Sumber nutrisi yang baik

Air kelapa menyediakan sumber yang baik dari beberapa nutrisi, terutama potasium. Kalium adalah mineral yang dibutuhkan untuk fungsi sel normal serta menjaga keseimbangan cairan yang tepat dalam tubuh Anda.

Kebanyakan orang di AS tidak mengonsumsi cukup kalium, tetapi minum air kelapa dapat membantu meningkatkan asupan kalium.

Namun, begitu bisa makan lebih banyak makanan yang mengandung potasium, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.

Baca Juga: Arman Maulana Rilis Album Terbarunya “Sampai Akhir Zaman”

Hal yang sama berlaku untuk vitamin dan mineral lain yang ditemukan dalam air kelapa seperti vitamin C, magnesium, dan kalsium.

Secara umum, yang terbaik adalah fokus pada makanan sumber vitamin dan mineral daripada mengandalkan minuman tertentu seperti air kelapa untuk membantu Anda mendapatkan nutrisi yang Anda butuhkan secara teratur.

Claudia