blank
Ibu Kasur (Foto Google Doodle

Google Doodle hari ini menampilkan sosok Ibu Kasur untuk mengenang sosoknya sebagai penghibur dan pendidik anak-anak Indonesia kepada para penggemarnya. Terlahir dengan nama Sandiah, sosoknya dikenal sebagai pembawa acara anak-anak populer “Taman Indria.”

Profil Ibu Kasur

Ibu Kasur, nama populer Sandiah, merupakan seniman pencipta lagu anak-anak di era 90-an. Ada 150 lagu ciptaannya seperti “Kucingku” dan “Bertepuk Tangan.” “Lagu ini dulu sering saya dengar di rumah dan diajarkan oleh orang tua,” ujar Diah menyampaikan kepada SUARABARU.ID (16/1-2022) sambil mengenang.

Ibu Kasur terlahir dengan nama Sandiah di Jakarta 16 Januari 1926. Nama Kasur diambil dari panggilan Kak Soer yang tak lain adalah sapaan akrab suaminya Soerjono. Akhirnya panggilan pak Kasur bertengger hingga menjadi panggilan istrinya Ibu Kasur.

Di kala semasa hidupnya, Ibu Kasur dan suaminya, berdedikasi pada pendidikan di Indonesia. Mereka mendirikan sekolah pendidikan bernama TK Mini di rumah mereka pada tahun 1965.

Dedikasi Semasa Hidup

Program pendidikan dijalankan oleh Ibu Kasur bersama suaminya sebagai pembawa acara anak-anak di Radio Republik Indonesia (RRI) dan sebagai Ketua Yayasan Setia Balita dengan empat cabangnya pada tahun 1990-an.

Tak hanya sebagai pencipta lagu, pembawa acara, dan pendiri sekolah, Ibu Kasur juga sebagai editor majalah anak-anak dan produser film anak-anak.

Maka, atas dedikasinya terhadap pendidikan anak, ibu Kasur dianugerahi Penghargaan oleh Presiden pada Hari Anak Nasional tahun 1988 atas prestasinya sebagai pendidik yang kreatif dan berdedikasi.

Untuk mengenang, Goddle Doogle menampilkan sosok Ibu Kasur yang sangat akrab dikenal terutama bagi anak-anak yang lahir di era tahun 1990-an. Kini mungkin juga dikenal oleh generasi milenial.

Alvaros