blank
Penyerahan penghargaan kepada tiga kecamatan dan tiga desa terbaik dalam penyerapan DD tahun anggaran 2021 di Kabupaten Jepara

JEPARA (SUARABARU.ID) – Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Jawa Tengah,  memberikan penghargaan kepada tiga kecamatan dan tiga desa terbaik dalam penyerapan DD tahun anggaran 2021 di Kabupaten Jepara. Ketiga Kecamatan tersebut adalah Kecamatan Pakis Aji, Kecamatan Kembang, dan Kecamatan Keling. Sedangkan tiga desa meliputi Desa Kelet, Desa Bangsri, dan Desa Welahan.

Penyerahkan penghargaan dilakukan oleh Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Jawa Tengah Midden Sihombing saat melakukan monitoring dan evaluasi (monev) terkait dana alokasi khusus (DAK) dan dana desa (DD) tahun anggaran 2021. Rombongan Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Jawa Tengah diterima Bupati Jepara Dian Kristiandi beserta kepala perangkat daerah di Ruang Vidcon, Rabu (12/1/2022).

blank
Penyarahan penghargaan kepada tiga kecamatan dan tiga desa terbaik dalam penyerapan DD tahun anggaran 2021 di Kabupaten Jepara

Dalam sambutannya, Kepala Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah, Midden Sihombing mengapresiasi pemerintah kabupaten (pemkab) jepara yang telah berhasil menyalurkan dana desa hingga 100 persen.

Ia menjelaskan, untuk DAK fisik tahun anggaran 2021, alokasinya Rp160.848.844.000 dan baru teralisasi 149.800.477.629 atau 93,1%. Sedangkan untuk penyaluran dana desa, alokasi Rp250.171.633.000 dan sudah terealisasi Rp250.171.633.000 atau 100%.

Midden Sihombing juga mengucapkan terima kasih kepada desa yang sudah melakukan penyerapan DD. Sehingga serapan anggaran pemkab dapat maksimal. Dia memberi beberapa masukan terkait percepatan penyaluran DD, diantaranya percepatan penyusunan APBDesa agar dilakukan secara simultan dengan penyusunan APBD.

Setelah adanya pagu DD, Desa bisa segera membuat konsep Peraturan Desa tentang APBDes sehingga ketika APBD disahkan tidak perlu waktu lama untuk melakukan penyesuaian dan penetapan APBDes.

Sementara Bupati Jepara  Dian Kristiandi berharap, penghargaan yang sudah diterima perlu dipertahankan dan ditingkatkan. Agar pelayanan kepada masyarakat tidak ada kendala.

Hadepe / kmf