blank
BERJUBEL - Pengunjung obyek wisata PAI berjubel di pintu masuk. (foto: nino moebi)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Hari kedua Tahun 2022 tempat Obyek Wisata Pantai Alam Indah (PAI) Kota Tegal padat. Membludaknya pengujung yang hendak masuk ke PAI membuat petugas Polres Tegal Kota melakukan buka tutup pintu.

Pengunjung yang sudah terlanjur masuk jalur menuju obyek wisata PAI memenuhi Jalan Sangir hingga mengalami kemacetan sampai ke jalur pantura ujung Jalan Yos Sudarso Kota Tegal Minggu (2/1/2022).

Kapolres Tegal, AKBP Rahmad Hidayat SS sempat memantau kondisi di Pantai Alam Indah. Pihak kepolisian menerapkan sistem buka tutup akses masuk tempat wisata selama liburan tahun baru. Hal tersebut sebagai langkah antisipasi terjadinya kerumunan dan terjadinya cluster penyebaran virus Covid-19.

“Kalau dari hasil pantauan petugas pos pengamanan menyatakan bahwa tempat wisata sudah penuh, maka saya sudah perintahkan anggota jaga untuk menutup akses masuk tempat wisata tersebut untuk menghindari kerumunan,” kata Kapolres.

Lebih lanjut Kapolres menyampaikan anggotanya juga memantau kegiatan masyarakat khususnya di bibir pantai dan saling berkoordinasi dengan Pospam Terpadu Obyek Wisata untuk menyiapkan sarana dan prasarana antisipasi apabila terjadi laka laut.

Sebagai upaya pengamanan pihaknya menghimbau kepada petugas parkir untuk tetap waspada terkait tindak kriminalitas curanmor di obyek wisata.

“Kami menghimbau agar tetap memantau dan mengecek karcis yang telah diberikan dengan nomor kendaraan yang asli sehingga meminimalisir adanya tindak curanmor,” pungkas Kapolres.

Kabid Pariwisata Disporapar Kota Tegal Maman Suherman mengatakan, dihari kedua Tahun 2022 pengunjung PAI lebih banyak dari hari pertama kemarin. Sedikitnya 3.000 lebih pengunjung yang didominasi dari luar Kota Tegal dari pagi sekira pukul 07.00 sudah berdatangan.

Dikatakan, kemacetan setelah pintu masuk ditutup membuat antrian bertambah panjang. Pukul 09.00 pengunjung PAI sudah mencapai sesuai alokasi PPKM 75 peresn dari kapasitas PAI 6.000 terlampaui, jadi pintu masuk ditutup.

“Saya melihat di google map bahwa Jalan Sangir menuju obyek wisata PAI jakurnya sudah zona merah. Kepadatan tersebut sudah terpantau semua pihak. Sebelum pihak lain menghimbau kami tahu diri untuk menutup pintu masuk,” ujar Maman.

Untuk tiket masuk Obyek wisata PAI masih pakai Perda lama yakni Rp 3.000 per orang dewasa, Rp 2.000 ribu untuk anak-anak sudah termasuk premi asuransi.

Nino Moebi