blank
Penggemar sepeda motor mesin kanan alias vespa di Kabupaten Demak, berkumpul di Alun-alun setempat, untuk menggalang dana bantuan bencana, sebelum melakukan touring. Foto: dok/ist

DEMAK (SUARABARU.ID)– Komunitas Vespa Demak yang sebelumnya vakum di tengah pandemi covid-19, kini mulai eksis. Mereka berkumpul kembali, karena terdorong rasa kemanusiaan atas musibah erupsi Semeru, yang terjadi di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Pecinta motor produk Italia itu berkumpul di Alun-alun Simpang Enam, Demak, Minggu (2/1/2022), sebelum melakukan touring keliling Kota Wali.

Dalam kegiatan ini, panitia juga menghimpun dana dari iuran spontan anggota, yang selanjutnya akan disalurkan kepada lembaga/instansi resmi yang menyalurkan bantuan bencana.

BACA JUGA: Bendung Randugunting Blora Diresmikan Januari Ini, Rampung 10 Bulan Lebih Cepat dari Kontrak

Koordinator lapangan, Bobo mengatakan, untuk menghimpun dana bantuan Peduli Semeru, tidak ditentukan besaran iurannya. Namun dari keikhlasan hati para ‘Scooterist’ saja.

”Kita tidak menentukan besaran iurannya, namun kita meminta keikhlasan para anggota pecinta vespa. Dan Alhamdulillah, dana yang terkumpul ini akan segera kita salurkan,” kata Bobo.

Sementara itu, Humas Kalijaga Skuter Club (KSC), Rudy Ryan menyampaikan, aksi ini merupakan gerakan peduli sesama. Selain memberikan donasi untuk korban erupsi Semeru, pihaknya juga telah beberapa kali melakukan kegiatan sosial lainnya.

BACA JUGA: Rachmad Hidayat Perkuat Lini Depan PSIS

”Gerakan peduli sesama yang dilakukan pecinta motor mesin kanan ini, sekaligus untuk menepis pandangan miring terhadap komunitas Vespa. Sebab, selama ini masyarakat masih memandang negatif komunitas vespa,” ungkap Rudy.

Menurut dia, memang ada segelintir oknum yang melanggar hukum, namun membawa dampak bagi anggota komunitas lainnya. ”Kepedulian komunitas vespa kami tidak pada saat ini saja. Tiap ulang tahun klub, kita juga menyambangi ponpes anak yatim, yang ada di wilayah Demak,” tukas Rudy.

Rudy-Riyan