blank
Bendung Randuguting di Desa Kalinanas, Kecamatan Japah, Kabupaten Blora. rampung lebih cepat 10 bulan dari kontrak. Foto: Ist
BLORA (SUARABARU.ID) – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau progres pembangunan Bendungan Randugunting Bendungan Randugunting di Desa Kalinanas, Kecamatan Japah, Kabupaten Blora. Jawa Tengah, Minggu (02/01/2022).
Pekerjaan fisik bendungan dengan kapasitas tampung 14,43 m3 ini telah rampung,  lebih cepat 10 bulan dari jadwal kontrak yang seharusnya berakhir pada November 2022.
Menteri Basuki Hadimulyono mengatakan Bendungan Randugunting nantinya merupakan bendungan ke-14 yang akan diresmikan Presiden Jokowi dari 15 bendungan yang selesai 2021. Dari tahun 2015 hingga 2020, sebanyak 14 bendungan juga telah selesai dan dioperasikan.
blank
Menteri PUPR Basuki Hadimulyono dan jajaran PUPR meninjau Bendung Randugunting. Foto: Ist

Baca juga Polisi Tangkap Pencuri Laptop Tetangga Pas Malam Pergantian Tahun

“Bendungan ini bisa selesai lebih cepat 10 bulan dari kontrak yang jatuh pada tahun 2022. Secara keseluruhan bendungan sudah selesai, tinggal merapikan gedung dan lanskap saja. Mudah-mudahan bisa diresmikan Bapak Presiden pada awal Januari 2022 ini,” kata Basuki.
Menurut Basuki, Bendungan Randugunting sudah sejak tahun 1990-an direncanakan untuk menambah suplai air bagi daerah kering di Kabupaten Blora dan Rembang.
Pembangunan bendungan sendiri mulai dikerjakan pada 2018 dan selesai di awal 2022 tanpa kendala teknis untuk konstruksi dan sosial dalam pembebasan lahan.