blank
Kepala Puskesmas Tonjong, Sri Mulyani (kiri). (foto: nino moebi)

BREBES (SUARABARU.ID) – Berita kegiatan vaksinasi di beberapa desa di Kecamatan Tonjong gagal karena petugas pergi piknik ke Yogyakarta sempat viral. Terkait hal tersebut Kepala Puskesmas Tonjong, Kabupaten Brebes, Sri Mulyani S.ST MM memberikan Klarifiaksi.

Sri Mulyani saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon seluler menyampaikan, pada Senin 20 Desember 2021 ada refreshing kader dalam rangka peningkatan kapasitas dan itu tidak semua kader hanya sebagian.

Meski ada yang refreshing tapi kegiatan vaksinasi tetap ada. “Kami ada bukti bahwa kita ada kegiatan vaksin yakni di Desa Tonjong dua tim, di Puskesmas, di SMPN 2 Tonjong,” kata Sri Mulyani.

Di Desa Kalijurang lebih lanjut Sri Mulyani mangatakan ada petugasnya sendiri pada siang hari bahkan dilanjut sweeping sampai sore. Kemudian di Desa Galuh Timur ada kegiatan vaksin juga dengan sweeping sampai malam. Kegiatan Puskesmas ada rawat jalan, rawat inap semua tetap berjalan seperti biasa.

“Jadi yang terkait dengan kegiatan refreshing kader dalam rangka peningkatan kapasitas kader kesehatan pelayanan seperti biasa. Kami tidak bohong,” ujar Sri Mulyani.

Capaian kita juga tinggi, yang tertinggi 95 persen di Desa Purwodadi sedangkan yang terendah adalah Desa Tonjong hanya 82,9 persen dan artinya kalau ditargetkan dari 70 persen dari jumlah penduduk otomatis capaian sasaran vaksinnya memenuhi target bahkan melebihi.

Yang masih kurang menuju ke 100 persen itu yang susah-susah seperti terkendala dengan warga yang merantau lebih dari 6 bulan. Kemudian yang sakit.

“Kita diberitakan piknik ke Yogyakarta nggak juga. Kita ke Pantai Subug Kebumen, berangkat pukul 06.00 selesai pukul 14.00 kemudian langsung pulang dan malamnya ada kegiatan vaksin,” katanya. “Yang komplain Pak Camat karena pada saat datang ke Balai Desa tidak ada petugas. Yang satu tim di SMP dan satu tim lagi di Puskesmas, tim lain di PKD dan seeping sore hari.”

Menurut dia, intinya fleksibel, Bupati menginstruksikan pukul 08.00-13.00 Dan pukul 14.00-21.00. Bahkan fleksibel sesuai karakteristik desa. Misalnya pagi tidak ada penanganan ya sorenya. Rekapannya ada, saya bilang dengan sebenar-benarnya ini, kegiatan ada dokumentasi dan laporannya.

“Tidak semuanya ikut, ada petugas yang tetap bertugas. Mereka melakukan kegiatan seperti vaksinasi bahkan hari Senin juga ada jadwal vaksinasi malam di PMB (praktik mandiri bidan). Jadi tidak benar kalau dibilang hari ini tidak ada kegiatan vaksin,” terang Sri Mulyani.

Terpisah, Direktur Esekutif Lembaga Analisis Data dan Kajian Kebijakan Publik (Landep) Kabupaten Brebes, Dedy Rochman HS mengatakan, saat pihaknya klarifikasi ke beberapa desa salah satunya Desa Purwodadi, mengungkapkan, hanya terjadi miskomunikasi antara pihak Puskesmas dengan Pemerintah Desa.

Dimana dijelaskan, sebenarnya program vaksinasi di Puskesmas Tonjong tetap masih berjalan sesuai jadwal dari waktu pukul 8.00 sampai 21.00.

Sebelumnya Senin (20/12/2021) Camat Tonjong Cecep Aji Suganda mengungkap ada enam desa di wilayahnya yang dijadwalkan menggelar vaksinasi, yaitu Desa Linggapura, Desa Pepedan, Desa Purwodadi, Desa Negarayu, Desa Kalijurang dan Desa Galuhtimur. Kegiatan tersebut batal karena tidak hadirnya petugas vaksinasi di lokasi. Petugas sedang piknik ke Yogyakarta.

ebesebrebes, vaksinasi, piknik