blank
President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata, menyerahkan 400 unit motor listrik yang diperuntukkan bagi para mitra pengemudi GrabBike dan mitra pengantaran Grab di Solo, yang diterima Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka. Foto: dok/ist

SURAKARTA (SUARABARU.ID)- Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, memberikan apresiasinya atas kerja sama Grab, Emtek dan Bukalapak, dalam menghadirkan program Kolaborasi Nyata untuk Masa Depan (Kota Masa Depan). Gibran menyebutkan, program ini dapat membantu UMKM untuk naik kelas, melalui fasilitas digitalisasi.

”Saya mengapresiasi inisiatif Grab, Emtek dan Bukalapak dalam menghadirkan program Kota Masa Depan. Ini momen yang baik di akhir tahun, dimana angka pencapaian vaksinasi sudah tinggi, angka covid-19 sudah turun drastis, dan hari ini kita Alhamdulillah bisa menjadi batu loncatan UMKM untuk naik kelas,” kata Gibran dalam keterangannya di Solo, Kamis (23/12/2021).

Diungkapkan pula, dirinya sempat menyaksikan sharing session, dengan para pelaku UMKM yang sudah naik kelas. ”Ini momen yang luar biasa dan baik sekali. Momen ini untuk kebangkitan para pelaku UMKM di Kota Solo, dan harapannya bisa bangkit dan bersemangat lagi,” pintanya.

BACA JUGA: Brigjen TNI Rimbo Karyono: Tiga Aspek Penanganan Peningkatan Covid-19 dalam Libur Nataru

Sebelum di Kota Solo, program ini juga sudah dirilis di Kupang, NII pada Oktober lalu. Kini, Grab bersama Emtek dan Bukalapak, melanjutkan program akselerator Kota Masa Depan di Solo, dan menargetkan lebih dari 1.500 pelaku UMKM untuk ‘onboarding’.

Para pelaku UMKM yang bergabung, diharapkan dapat menjangkau jutaan konsumen Grab dan Bukalapak di seluruh Indonesia, serta membuka peluang pendapatan baru dengan memiliki toko digital.

President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata menyampaikan, Grab bersama Emtek dan Bukalapak, siap bekerja sama dengan Pemerintah Kota Surakarta, untuk mengawal Solo menjadi Smart City, melalui program #KotaMasaDepan.

BACA JUGA: Menjelang Natal dan Tahun Baru, Pemkab Blora Gelar Rakor Lintas Sektoral

blank
Grab juga meluncurkan GrabKitchen di Pasar Gede, sebuah konsep cloud kitchen yang menyatukan UMKM kuliner dalam sebuah fasilitas pusat, untuk menjawab permintaan pasar yang belum terpenuhi di wilayah-wilayah tertentu. Foto: dok/ist

Program ini memberikan pendampingan dan pelatihan, agar UMKM setempat menjadi lebih kompetitif, serta mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru.

”Semoga upaya kami membantu UMKM khususnya yang berada di kota-kota kecil ini, dapat membantu pemerintah mencapai target digitalisasi 30 juta UMKM pada 2024, serta mempercepat upaya pemulihan ekonomi bangsa,” terang Ridzki.

Sementara itu, Managing Director, PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek), Sutanto Hartono mengugkapkan, pihaknya berkomitmen dalam mendukung pengembangan sektor UMKM di Indonesia.

BACA JUGA: Bupati Klaten Bersama Kapolres dan Dandim Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2021.

”Dengan kolaborasi ini, diharapkan dapat memberikan peluang dan daya saing bagi UMKM lokal di era digitalisasi. Dengan tekad yang sama untuk membuat kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia menjadi lebih baik melalui teknologi, kami yakin kita bisa membangkitkan roda perekonomian lokal,” sebutnya.

Sedangkan Direktur Utama PT Bukalapak.com Tbk, Rachmat Kaimuddin menyampaikan, lebih dari satu dekade Bukalapak hadir di Indonesia. Bukalapak sendiri berkomitmen untuk terus mendukung UMKM naik kelas, dengan menciptakan akses terhadap ekonomi yang adil melalui ekosistem digital, baik di online maupun offline.

”Ini merupakan sebuah contoh nyata dari bergabungnya ekosistem untuk meningkatkan UMKM di Indonesia. Kami harap program ini dapat menjadi langkah yang baik dalam mengakselerasi digitalisasi UMKM di Kota Solo, dan juga kota-kota lainnya di Indonesia,” harap dia.

BACA JUGA: Polri Siap Dukung Bantu Pembangunan RS Bhayangkara Tipe B di Blora

Pada kesempatan yang sama, untuk memperkuat ekosistem kendaraan listrik, Grab juga melakukan serah terima sebanyak 400 unit motor listrik yang diperuntukkan bagi para mitra pengemudi GrabBike dan mitra pengantaran Grab di Solo.

Serah terima dilakukan langsung oleh President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata kepada Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka.

”Sejak 2019, kami fokus untuk mengembangkan ekosistem kendaraan listrik melalui komitmen #LangkahHijau di Indonesia. Hari ini kami sangat bangga, dapat kembali membantu Pemerintah Kota Surakarta untuk mengembangkan Solo Smart City, dengan memanfaatkan teknologi Grab yang inklusif, melalui kendaraan listrik,” tukas Ridzki.

Riyan