blank
Kapolres Klaten AKBP Eko Prasetyo SH SIK MH memberikan keterangan pers usai acara apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2021 yang berlangsung di halaman Mapolres setempat, Kamis (23/12). (Bagus Adji)

KLATEN(SUARABARU.ID) – Bupati Klaten Sri Mulyani dan Kapolres Klaten AKBP Eko Prasetyo SH SIK MH serta Komandan Kodim (Dandim) 0723 Letkol Inf Joni Eko Prasetyo SIP bersama sama memimpin apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2021 yang berlangsung di halaman Mapolres setempat, Kamis (23/12).

Kegiatan operasi  dalam rangka pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 akan berlangsung 24 sampai dengan 31 Desember 2021 mengerahkan  608 personil gabungan dari TNI,Polri dan relawan.

Bupati Klaten Sri Mulyani dalam arahannya mengatakan, sesuai Imendagri  untuk Natal 2021  dan Tahun Baru  2022 tidak ada pembatasan maupun penyekatan, melainkan melaksanakan pengetatan.

Langkah pengetatan maksimal berlangsung  terutama untuk wilayah Kabupaten Klaten di perbatasan antara Jawa Tengah dan DIY yang tentunya butuh kebersamaan kita bersama.

Dalam operasi Lilin Candi 2021 , Polres melakukan penempelan stiker bagi rumah yang keluarganya  kedapatan mudik dari rantau.

Untuk pariwisata  dibuka dengan kapasitas pengunjung maksimal 75 persen. Juga disyaratkan pengunjung yang datang ke tempat wisata harus sudah vaksin dua kali dengan menunjukkan kartu vaksin manual. Penunjukan kartu sehubungan aplikasi peduli lindungi belum secara  keseluruhan  di tempat wisata kab Klaten

Jam buka dan tutupnya tempat wisata  kapasitas semua dibatasi sesuai Immendagri. “Pemerintah Kabupaten Klaten memutuskan bahwa mulai tanggal 31 Desember pukul 1900 sampai pukul 6 pagi alun-alun kabupaten Klaten akan ditutup,” jelasnya.

blank
Bupati Klaten Sri Mulyani tengah memberikan keterangan pers usai acara apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2021 yang berlangsung di halaman Mapolres setempat, Kamis (23/12). (Bagus Adji)

Sementara itu Kapolres Klaten AKBP Eko Prasetyo SH.SIK,MH dalam keterangan pers usai gelar apel pasukan Operasi Lilin Candi 2021 mengatakan, pihaknya telah memasang  stiker pada enam rumah di salah satu wilayah kecamatan di Klaten.

Bagi rumah dengan tempelan stiker berarti ada anggota keluarga yang mudik dari rantau. Selama mudik hingga balik, mereka akan terus dipantau terkait kesehatannya ataupun pergerakannya.

Terkait pola pengamanan selama operasi Lilin Candi 2021 Polres Klaten dibantu Kodim Klaten dan Pemkab setempat mendirikan empat Pospam.

Di wilayah setempat ada satu  Pos Terpadu  di Prambanan, satu Pos Pelayanan di Alun alun Klaten dan Pospam di Jatino serta Delanggu.

“Dalam Operasi Lilin Cadi 2021 tugas kita ada dua . Pertama  mengamankan jalannya  perayaan Natal dan tahun baru. Kedua bagaimana kita bisa mengendalikan  Covid-19 khusunya di Kabupaten Klaten  yang saat ini  sudah melandai”, jelasnya.

Bagus Adji