blank
Ketua PCNU Kebumen KH Mohamad Dawamudin menunjukkan lokasi pendaftaran peserta Muktamar ke-34 NU di Gedung Serba Guna Universitas Lampung.(Foto:SB/Ist)

LAMPUNG (SUARABARU.ID) – Ketua Tanfidziyah PCNU Kebumen KH Drs Mohamad Dawamudin Masdar MAg yang telah tiba di Lampung dua hari ini guna mengikuti Muktamar ke-34 NU merasakan situasi di arena muktamar saat ini tenang dan kondusif.

Bahkan Kiai Dawam menilai perkembangan Provinsi Lampung kini maju pesat. Pihaknya telah mendaftar mengikuti Muktamar NU di Gedung Serba Guna Universitas Lampung (Unila). Kampusnya berada di tengah hutan, namun kondisinya nyaman.

“Kotanya tertata dan nyaman. Saya sudah dua hari di sini untuk mengurus pendaftaran. Saya membawa satu sopir serta pengurus PCNU sengaja datang lebih awal agar registrasi dan adminstrasi beres sehingga bisa fokus mengikuti muktamar,”ujar mantan Kepala MAN 1 Kebumen itu.

blank
Ketua PCNU Kebumen KH Mohamad Dawamudin yang akan mengikuti Muktamar ke-34 NU di Lampung menikmati udara segar dalam penyeberangan Merak-Bakauheni.(Foto;SB/Ist)

Menyinggung suasana jelang Muktamar ke 34 NU pada 23-25/12 terkait calon Ketua Umum PBNU, Kiai Dawam menjelaskan, saat ini sebenarnya belum ada calon ketua umum. Sebab mereka yang dinyatakan calon setelah memenuhi  ketentuan organisasi setelah muktamar dibuka resmi.

Mengenai nama KH Said Aqil Sirodj dan KH Yahya Cholil Staquf, Dawam mengakui keduanya memang semakin mendapat dukungan kuat menjelang  muktamar.

Namun saat ini statusnya masih tetap bakal calon. Satu lagi yang juga santer disebut sebagai bakal calon ketua yakni Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar.

“Namun saya kira di arena Muktamar yang semakin menguat memang dukungan kepada dua kandidat. Yakni KH Said Aqil Sirodj (Ketua Umum PBNU petahana) dan KH Yahya Cholil Staquf (Katib Aam PBNU). Siapa pun yang nanti terpilih saya kira akan membawa kemajuan bagi NU,”tandas ulama asal Tanuraksan Kebumen itu.

Kesejahteraan dan Ekonomi Umat

Di sisi lain, Kiai Dawam bersama Rois Syuriyah PCNU Kebumen juga akan mengusulkan beberapa agenda pada Muktamar. Terutama menyongsong 1 Abad NU semestinya PBNU harus terus memprioritaskan peningkatan kesejahteraan dan ekonomi umat.

Menurut dia, NU harus semakin di depan dalam bidang sosial kemasyarakatan dan isu-isu kekinian. Termasuk dalam upaya memerangi Pandemi Covid-19. Bahkan dirinya mengapresiasi  Panitia Muktamar NU ke 34 yang begitu ketat menerapkan protokol kesehatan.

“Setiap 24 jam saya  tes rapid antigen. Kita tentu berharap selama Muktamar NU aman dari penularan Covid dan jangan sampai Muktamar menjadi klaster baru corona,”ujar kiai yang murah senyum itu.

Muktamar NU ke-34 di Provinsi Lampung itu mennurut rencana akan dibuka Presiden Joko Widodo. Arena Muktamar NU antara lain dipusatkan di Pondok Pesantren Darussadah, Gunungsugih, Lampung Tengah serta Universitas Lampung.

Menurut Kiai Dawam, Senin (20/12) ini Rois Syuriyah PCNU Kebumen KH Afifudin Khanif Al Hasani (Gus Afif) akan menyusul berangkat dari Kebumen menuju arena Muktamar NU di Lampung.

Pihaknya mohon doa restu nahdliyin di Kebumen agar pelaksanaan Muktamar ke-34 NU 2021 berjalan lancar dan aman. Sekaligus  juga sukses memilih pucuk pimpinan PBNU serta melahirkan program untuk kemajuan NU di Tanah Air.

 Komper Wardopo