blank
Kajari Jepara Ayu Agung SH,S.Sos, MH, M.Si (Han)

JEPARA (SUARABARU.ID) – Kajari  Jepara Ayu Agung SH,S.Sos, MH, M.Si (Han) mengajak seluruh warga masyarat Jepara untuk mendukung dan ambil bagian dalam  pembentukan kekebalan kelompok atau herd immunity guna  melindungi warga dari  penyebaran Virus Corona melalui vaksinasi.

Hal tersebut diungkapkan Ayu Agung dalam wawancara khusus dengan SUARABARU.ID melalui WhatsAap Kamis (16/12-2021) pagi terkait dengan percepatan vaksinasi yang dilakukan Jepara untuk mencapai target 70 % sebagai mana Inmendagri 66 /2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 pada saat Natal dan Tahun Baru.

Ayu Agung juga menjelaskan, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO),  untuk dapat mencapai kekebalan kelompok maka sebagian besar populasi atau warga masyarakat harus sudah divaksinasi. Dengan demikian dapat menurunkan dan menekan jumlah penyebaran virus corona.

Disamping itu menurut Ayu Agung  kekebalan kelompok sangat diperlukan untuk melindungi kelompok yang rentan terpapar. Untuk itu pemerintah pusat memberi ketentuan  setiap daerah minimal 70 % warga yang menjadi target vaksinasi harus telah divaksin tahap pertama.

“Sedangkan lansia  adalah apabila  dapat terpenuhi capaian vaksinasi minimal 60 % pada akhir Desember 2021,” ujar Ayu Agung yang juga rajin mengikuti kegiatan penyuluhan ke desa. Untuk mencapai angka itu kita masih harus bekerja lebih keras dan koordinatif.  Sebab untuk mencapai  target 70  % sampai akhir tahun, kita  masih kekurangan sekitar 45 ribu orang lebih.

 

Dalam Inmendagri tersebut juga dijelaskan, agar vaksinasi pada kelompok usia 6 – 11 tahun dapat mulai dilakukan, maka sebuah daerah harus mencapai target minimal 70 % untuk dosis pertama dari total sasaran dan 60 % untuk lansia. “Ini artinya jika kita tidak bisa mencapai terget tersebut, vaksinasi anak-anak usia 6-11 tahun belum bisa dilakukan,” ujarnya

 

Oleh sebab itu Ayu Agung mengajak semua fihak mulai tinggkat kabupaten, kecamatan, desa hingga RT / RW untuk bergerak bersama secara sinergis untuk mencapai terget 70 % guna mencapai kekebalan kelompok.

 

Disamping diharapkan memberikan dukungan terhadap program  vaksinasi, menurut Ayu Agung warga juga diharapkan tetap menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin dan menjalankan kebijakan pemerintah dengan sepenuh hati.

 

“Percayalah, semua yang dilakukan oleh pemerintah adalah untuk melindungi dan menjaga keselamtan warga masyarakat,” ujar Ayu Agung.

Hadepe