blank

SEMARANG – Tim pengabdian masyarakat Fakultas Ekonomi (FE) Unissula mengadakan pengabdian masyarakat di desa Butuh, Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung (11/12/2021). Tim terdiri dari Dr Indri Kartika SE MSi Ak CA dan Sri Sulistyowati SE MSi. Mereka bekerjasama dengan Pemerintah Desa Butuh, dan Laziznu Kecamatan Temanggung memberikan pelatihan aplikasi akuntansi berbasis smartphone bagi UMKM.

“Agar keputusan bisnis UMKM dapat dilakukan dengan cepat dan tepat, UMKM memerlukan sumber informasi yaitu laporan keuangan. Menyusun laporan keuangan bagi UMKM terkadang menjadi masalah tersendiri karena memerlukan tenaga kerja yang kompeten dan memahami software. Namun saat ini penyusunan laporan keuangan sudah dapat dilakukan hanya dengan memanfaatkan aplikasi yang bisa di download gratis dan praktis menggunakannya”, ungkap Indri Kartika.

Turut hadir dalam pelatihan tersebut Kepala Desa Butuh, Tri Baroka dan Ketua Laziznu Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Temanggung KH Ahmad Zaenal Arifin. Para peserta pelatihan yang terdiri dari para pelaku UMKM di Temanggung, antusias mencoba aplikasi tersebut dalam smartphone mereka dan akan menggunakan aplikasi tersebut agar dapat mengetahui perkembangan kinerja bisnis yang telah dijalankan.

Setelah kurang lebih dua tahun pandemic Covid-19 melanda seluruh negara di dunia, saat ini kita telah memasuki era new normal. UMKM sudah mulai bangkit dengan memperbaiki seluruh aspek manajemen, tak terkecuali manajemen keuangan.

Gambar: Para pelaku UMKM di Kabupaten Temanggung antusias ikuti pelatihan yang diadakan oleh tim pengabdian masyarakat Fakultas Ekonomi Unissula