blank
Petugas mengevakuasi mayat korban banjir Kali Bebeng, kemarin. Foto: ist

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID)-Sopir truk yang hilang terbawa arus Kali Bebeng, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, akibat banjir lahar dingin pada Rabu (1/12/2021) akhirnya ditemukan. Petugas Polsek Srumbung bersama relawan mengevakuasi korban, di alur hulu Kali Bebeng, Desa Kaliurang, Srumbung, Kabupaten Magelang, Selasa (7/12) siang.

Kapolres AKBP Mochammad Sajarod Zakun melalui Kasi Humas Iptu Abdul Muthohir menjelaskan, setelah dilakukan pencarian oleh tim gabungan selama tujuh hari akhirnya dapat menemukan korban dalam kondisi meninggal dunia.
Proses evakuasi dilakukan petugas gabungan TNI-Polri, Basarnas dan relawan sekitar 15 orang, selanjutnya korban dibawa ke RSUD Muntilan.

Hasil identifikasi oleh Unit Inafis Satreskrim dan Tim dokter RSUD Muntilan memastikan mayat yang berhasil dievakuasi adalah korban banjir lahar dingin yang terjadi Rabu (1/12). Itu adalah mayat Hendri Susanto (29), warga RT 4, RW 2, Pagersari, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang. “Hal Itu dikuatkan sidik jari, pakaian yang ditemukan dan keterangan keluarga,” terang Iptu Muthohir.

Kapolsek Srumbung AKP Sumino menambahkan, kronologi penemuan mayat korban berawal ketika Ajib (34) warga Dusun Trolikan, Desa Banyuadem, Srumbung, Kabupaten Magelang, sedang menambang pasir secara manual. Ketika menggali sedalam 1,5 meter mencium bau tidak sedap. Karena merasa curiga kemudian saksi menggali lebih dalam lagi untuk mencari sumber bau. Setelah digali lebih dalam lagi
melihat kain warna biru.

“Ketika diamati ternyata ada bagian tubuh manusia,” jelas Sumino.

Ajib pun memberitahu Nida Nur Afandi (38) warga Dusun Srumbung Krajan, Desa/Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang. Mereka kemudian melapor ke Polsek Srumbung.

Atas laporan tersebut Petugas Polsek Srumbung dan unit Inafis Satreskrim Polres Magelang yang dipimpin Kapolsek AKP Sumino menuju ke lokasi untuk melakukan evakuasi.

Eko Priyono