blank
Kepala Disporapar Kota Magelang Wulandari Wahytuningsih (topi) seusai menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba foto, (Bag Prokompim, Pemkot Magelang)

 

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Magelang komitmen akan terus menggenjot sektor wisata olah raga (sport tourism) di Gelora Sanden.

Diharapkan bisa lebih memajukan sektor pariwisata, sehingga bisa mendatangkan lebih banyak lagi wisatawan ke Kota Magelang.

Komitmen itu disampaikan Kepala Disporapar Kota Magelang, Wulandari Wahyuningsih, saat menyerahkan hadiah kepada para pemenang Lomba Foto dan Video “Wisata Kota Magelang dalam Lensa” di Aula Disporapar, kemarin.

‘’Sektor pariwisata menjadi salah satu prioritas kami untuk terus didorong maju. Apalagi yang terintegrasi dengan warga, sehingga dapat mendatangkan pengunjung lebih banyak lagi,’’ katanya.

Menurutnya, Kota Magelang memiliki fasilitas olah raga yang cukup lengkap di Kompleks Gelora Sanden.  Fasilitas ini menjadi salah satu magnet warga luar kota untuk datang ke Kota Magelang, khususnya untuk berolah raga.

‘’Akan terus kita kembangkan sport tourism dengan menjual sport center. Bulan ini sport center banyak digunakan oleh para pegiat olahraga, seperti tenis lapangan, sepak bola dan sebagainya. Mereka selain berolah raga, berkompetisi juga berwisata,’’ tuturnya didampingi Sekretaris Disporapar, Sarwo Imam Santoso.

Melalui lomba foto dan video pariwisata ini, Wulan berharap, potensi wisata di Kota Magelang apapun itu jenisnya dapat dikenal luas oleh masyarakat. Karena itu, potensi wisata harus terus dipromosikan ke masyarakat luas.

‘’Saya lihat antusias peserta lomba foto dan video ini sangat bagus. Asal daerah mereka juga beragam, tidak hanya dari Magelang. Mereka inilah corong promosi pariwisata kita yang harus diapresiasi,’’ terangnya.

Dia meminta, lomba foto dan video ini harus menjadi agenda tahunan dengan kualitas dan kuantitas yang ditingkatkan lagi. Bukan tidak mungkin hadiah lomba akan ditambah, sehingga peserta yang ikut lebih banyak lagi.

‘’Bila perlu hadiahnya tahun depan Rp 10 juta untuk juara pertama. Kita bisa anggarkan, karena memang melalui kompetisi ini potensi wisata kita dapat dipromosikan ke masyarakat yang lebih luas lagi,’’ ungkapnya.

Kepala Bidang Kepariwisataan Disporapar Kota Magelang, Praditya Dedy menambahkan, lomba foto dan video ini berakhir pada akhir November lalu. Jumlah foto yang masuk sebanyak 565 buah, sedang video sebanyak 61 buah.

‘’Kemudian foto dan video ini kita serahkan ke dewan juri untuk dinilai dan ditentukan juaranya. Baik lomba foto maupun video kita ambil juara 1, 2 dan 3 serta 10 karya pilihan. Juara 1 Rp 2,5 juta, juara 2 Rp 1.750.000, dan juara 3 Rp 1 juta serta karya pilihan masing-masing Rp 500.000,’’ katanya.

Juara 1 lomba foto diraih Mohammad Reza asal Purwokerto, juara 2 diraih Sony Pradana asal Kota Magelang dan juara 3 diraih Heri Wijayanto asal Kota Magelang.

Juara 1 lomba video diraih Oki Prayogo, juara 2 Fitroh Tri Rahmawati dan juara 3 Riniawan Widodo,  ketiganya asal Kota Magelang.

 

Penulis : Prokompim/Pemkot Magelang

Editor   : Doddy Ardjono