blank
Irwasda Polda Jateng, Kombes Pol Drs Untung Sudarto saat menyerahkan bantuan kepada korban banjir rob di Pekalongan kota. Foto: Dok/ist

PEKALONGAN (SUARABARU.ID) – Banjir rob yang terjadi dalam dua minggu terakhir di Pasir Kramat Kraton Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan mendapat perhatian dari Polda Jateng.

Irwasda Polda Jateng, Kombes Pol Drs Untung Sudarto bersama para pejabat utama, Polres Pekalongan Kota, Camat serta Ketua BPBD Kota Pekalongan mengunjungi posko pengungsian korban banjir rob di Kecamatan Pekalongan Barat, Senin (2/12/2021).

Di lokasi pengungsian terdapat 44 warga dewasa, lansia 16 orang dan 33 anak-anak serta balita. Keberadaan mereka bersifat sementara, sambil menunggu perkembangan situasi hingga nantinya kembali ke rumah masing-masing.

Kehadiran Irwasda di lokasi, disambut ibu-ibu dan sejumlah anak-anak dengan wajah ceria. Irwasda langsung berinteraksi dengan sejumlah warga pengungsi.

“Warga disini kekurangan apa? Kalau ada apa-apa bisa hubungi Kapolres atau Bapak Camat dan Bhabinkamtibmas,” kata Untung.

Selanjutnya Untung memberikan motivasi dan menghibur warga untuk bersabar setelah kampungnya terkena banjir rob surut. Sejumlah bahan makanan pokok, obat-obatan, masker dan bingkisan diberikan Irwasda Polda Jateng untuk warga di tempat pengungsian.

Untung mengatakan, kunjungannya bersama pejabat utama Polres Pekalongan Kota dan Forkompimcam Kota Pekalongan adalah untuk mengecek dampak banjir rob dari 3 kecamatan, dimana terdapat 5 tempat yang terdampak banjir rob.

“Kunjungan ini termasuk untuk mengecek penerapan prokes. Meskipun di tempat pengungsian, prokes harus tetap dijalankan. Polres Pekalongan Kota bersama TNI dan Pemkot akan terus melakukan pemantauan,” tuturnya.

Untuk kepentingan warga di pengungsian, lanjut Untung, dapur umum milik Polri dan TNI sudah disiapkan guna mengantisipasi kejadian susulan.

“Kami berharap semoga banjir rob segera surut dan masyarakat bisa beraktifitas kembali,” ungkapnya.

Ning