Oleh : Ummul Hidayah, S.Pd.I
Dalam meningkatkan pengetahuan dan kualitas pembelajaran peserta didik, Guru sebagai pendidik perlu memiliki beberapa strategi dalam merancang pembelajaran yang efektif.
Seiring dengan kemajuan teknologi, media pembelajaran memiliki posisi sentral dalam proses pembelajaran di sekolah dan bukan hanya semata-mata sebagai alat bantu. Media pembelajaran memainkan peran yang cukup penting untuk mewujudkan kegiatan pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien.
Strategi dan media pembelajaran yang selama ini diterapkan semasa luring (tatap muka) berbeda dengan desain pembelajaran di musim pandemi Covid-19. Hal ini disebabkan oleh cara belajar melalui media online dan strategi yang berbeda untuk diterapkan agar pembelajaran bisa dilaksanakan secara efektif hingga guru dapat menuntaskan materi pembelajaran.
Hal ini menjadi permasalahan yang cukup sulit bagi guru, karena peserta didik bukan hanya sebagai individu dengan semua keunikannya, tetapi mereka juga sebagai makhluk sosial dengan latar belakang yang berbeda.
Keberadaan media pembelajaran akan menjadikan sebuah materi pembelajaran yang awalnya bersifat abstrak menjadi lebih konkrit. Siswa akan menjadi lebih aktif dan memperoleh pengalaman secara langsung melalui media pembelajaran.
Secara garis besar pengertian media pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah alat bantu mengajar, sarana sumber belajar agar pembelajaran menjadi lebih konkrit dan siswa menjadi aktif dalam proses pembelajaran sehingga dapat mendorong proses belajar yang efektif dan efisien.
Prinsip-Prinsip Penggunaan Media Pembelajaran
Pemilihan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam harus memperhatikan tujuan pembelajaran, bahan pembelajaran, metode mengajar, alat yang dibutuhkan, pribadi guru yang mengajar, minat dan kemampuan mengajar, situasi pembelajaran, dan kondisi siswa.
Berikut ini ada beberapa prinsip yang harus di perhatikan saat memilih media pembelajaran pendidikan agama islam : 1) Efektivitas Media Pembelajaran, Taraf Berfikir Siswa, 2) Interaktivitas Media Pembelajaran, Minat, 3) Siswa Terhadap Media Pembelajaran, 3) Kemampuan Guru Menggunakan Media Pembelajran, dan 4) Fleksibelitas Media Pembelajaran.
Guru harus tepat dalam menentukan jenis media dengan tepat artinya, guru menentukan pilihan terlebih dahulu media manakah yang sesuai dengan tujuan dan bahan pelajaran yang akan diajarkan. Menetapkan atau memperhitungkan subjek dengan tepat, Menyajikan media dengan tepat, menempatkan atau memperlihatkan media pada waktu, tempat dan situasi yang tepat.
Pemilihan Rancangan Media Pembelajaran
Setelah mengetahui prinsip media pembelajaran maka perlu dipertimbangkan dalam memilih media pembelajaran dengan tepat. Tidak semua media pembelajaran cocok digunakan dalam proses pembelajaran. Untuk itu perlu dilakukan pertimbangan dalam memilih media supaya penggunaan media pembelajaran tersebut benar dan tepat. Hal itu juga penting untuk diketahui oleh guru dalam pemilihan media pembelajaran.
Cara memilih media pembelajaran yang sesuai dengan pendidikana agama islam diantaranya : (1) Pemilihan media harus sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. (2) Pemilihan media harus berdasarkan objektivitas, artinya pemilihan media pembelajaran bukan didasarkan kepada kesenangan guru atau sekedar selingan atau hiburan. (3) Pemilihan media harus disesuaikan dengan karakteristik peserta didik (4) Pemilihan media harus sesuai dengan gaya belajar peserta didik dan kemampuan guru. (5) Pemilihan media harus sesuai dengan kondisi lingkungan,
Pemilihan media pembelajaran pendidikan agama Islam dapat mempertimbangkan beberapa hal diantaranya : Penggunaan harus relevan dan konsisten dengan tujuan-tujuan pembelajaran. Juga media yang digunakan hendaknya cukup dikenal murid dan media hendaknya sesuai dengan sifat pelajaran.
Disamping itu media juga harus sesuai dengan kemampuan dan pola belajar peserta didik serta dipilih secara objektif, bukan didasarkan oleh karena kesukaan subjektif dan biaya yang akan dikeluarkan dalam pemanfaatan harus seimbang dengan hasil yang akan dicapai.
Penulis adalah Guru PAI SD Negeri 4 Muryolobo