blank
Dr Ganjar Harimansyah (Kepala Balai Bahasa Provinsi Jateng). Foto: dok/ist

SOLO (SUARABARU.ID)– Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, menggelar Festival Tunas Bahasa Ibu, di Hotel Lor In, Solo, Jumat-Senin (19-22/11/2021). Kegiatan itu dikemas dalam bentuk lomba untuk siswa SD dan SMP se-Jateng.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Jateng, Dr Ganjar Harimansyah mengatakan, semakin berkurangnya minat generasi muda untuk mempelajari dan mengembangkan bahasa dan budaya Jawa, menjadi keprihatinan tersendiri. Padahal di tangan generasi muda inilah, nasib budaya Jawa akan ditentukan ke depannya.

”Oleh karena itu, Balai bahasa menyelenggarakan kegiatan Festival Tunas Bahasa Ibu, sebagai upaya memberikan wadah bagi generasi muda dalam melestarikan bahasa dan sastra Jawa. Harapannya, generasi muda dapat lebih berminat mempelajari dan mengembangkan bahasa dan budaya Jawa,” kata Ganjar.

BACA JUGA: Dosen Teknik Informatika USM Ajarkan Augmented Reality Sebagai Marketing Communication untuk UMKM Batik Kampung Tematik 

Ditambahkan dia, festival ini merupakan puncak dari rangkaian acara revitalisasi bahasa Jawa, dari mulai koordinasi pemangku kepentingan di Pemda, pelatihan guru master, pengajaran kepada siswa, pemantauan, hingga acara Festival Tunas Bahasa Ibu ini.

Sementara itu, Ketua Panitia, Ery Agus Kurnianto menjelaskan, terdapat berbagai lomba di even ini. Antara lain membaca gurit, menulis gurit, pidato, mendongeng, membaca aksara Jawa, serta menulis aksara Jawa.

”Para peserta lomba adalah yang terbaik di kabupaten/kota, yang dikirim ke tingkat Provinsi Jateng. Pemenang berhak atas piala dan uang pembinaan dari Juara I, II, dan III serta Juara Harapan I, II, dan III,” jelas Ery lagi.

BACA JUGA: Operasi Zebra Candi, Polres Kebumen Tilang Ratusan Knalpot Brong

Melalui festival ini, lanjut Ery, diharapkan para peserta dapat menjadi lebih bersemangat, kreatif, dan inovatif dalam nguri-nguri bahasa dan sastra Jawa. ”Generasi muda selayaknya dapat menjunjung tinggi lagi budaya-budaya Jawa,” ungkapnya.

Festival Tunas Bahasa Ibu dibuka Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Prof Endang Aminudin Aziz MA PhD. Acara pembukaan juga diisi dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa dengan Universitas Veteran Bangun Nusantara, Universitas Muhammadiyah Semarang, dan Universitas Peradaban.

Selain itu, akan dilakukan penyerahan penghargaan untuk sekolah-sekolah di Jateng, yang berhasil meraih Apresiasi GIAT UKBI. Dalam acara itu, akan tampil pemenang lomba musikalisasi puisi tingkat Jateng, yaitu tim musikalisasi puisi dari SMAN 4 Surakarta, dan tampilan Duta Bahasa Jateng.

Riyan