blank
Petugas Dinas Pertanian saat mengecek kesehatan ternak kambing. Foto:Suarabaru.id

KUDUS (SUARABARU.ID) – Pemkab Kudus tetap mengakomodasi anggaran bantuan ternak kambing dalam Perkada Perubahan APBD 2021. Meski demikian, apakah kegiatan tersebut bisa terlaksana atau tidak tergantung OPD terkait.

Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Eko Djumartono mengatakan, sumber dana dari progam ini adalah berasal dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT). Meski bukan masuk dalam kategori program mendesak dan darurat, kegiatan tersebut dianggap sebagai program mandatori.

“Meski tidak termasuk dalam kriteria program prioritas, tapi tidak dicoret dalam Perkada Perubahan APBD 2021,”ujar Eko, Kamis (18/11).

Menurut Eko, semua progam mandatori yang sumber dananya dari alokasi khusus, bantuan gubernur, atau dari dana cukai tidak harus sesuai dengan persyaratan progam yang dimasukkan ke Perkada.

Walau demikian, kendati telah dimasukkan dalam Perkada nanti, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menjalankan progam tersebut bebas memilih menjalankan progam tersebut atau tidak.

Mengingat waktu yang tersisa juga tinggal satu setengah bulan lagi. “Jalan atau tidaknya tergantung mereka (Dinas Pertanian dan Pangan,red) nanti,” pungkasnya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kudus Sunardi menyebut, jumlah anggaran pada APBD perubahan ini untuk progam tersebut adalah sekitar Rp 3 miliar lebih.

Terkait pelaksanaanya, pihaknya akan melihat situasi dan kondisi terlebih dahulu. Dispertan sendiri, telah memiliki daftar kelompok tani yang bisa diberi bantuan hibah. Namun daftar tersebut belum diverifikasi.

“Sehingga ketika menjalankannya nanti akan diverifikasi terlebih dahulu,” pungkas Nardi.

Sementara bantuan ternak yang telah dianggarkan di APBD 2021 kemarin telah berjalan. Pemenang lelang untuk pengadaan kambing betina dan kandangnya untuk untuk 75 kelompok petani pun telah tercatat di LPSE Pemkab Kudus.

Untuk pemenang lelang pengadaan kambing betina, berhasil dimenangkan oleh CV Bintang Toedjoe asal Grobogan, Jawa Tengah dengan nilai penawaran Rp. 819.280.000,00.

Sementara untuk pemenang pembuatan kandang kambing, berhasil dimenangkan oleh CV Duta Rejosari1 asal Demak, Jawa tengah dengan nila penawaran Rp. 287.746.359,43.

Tm-Ab