blank
Ketua TP PKK Kabupaten Kudus dan Jepara, Mawar Hartopo dan Hesti Dian Kristiandi, bertukar cinderamata. Foto: dok/ist

JEPARA (SUARABARU.ID)– Untuk meningkatkan keterampilan para kader, khususnya terkait Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), Tim Penggerak PKK Kabupaten Kudus melaksanakan kunjungan studi tiru ke Kabupaten Jepara. Rombongan diterima di Pringgitan Pendapa, Rabu (10/11/2021).

Ketua TP PKK Kabupaten Kudus, Mawar Hartopo menyampaikan, Jepara dipilih untuk dikunjungi, karena dinilai berhasil memberdayakan UP2K. Selain itu, produk Jepara lebih terkenal daripada Kudus.

”Kami berharap dengan kunjungannya ini, dapat mengambil ilmu, khususnya UP2K PKK Kabupaten Jepara. Nantinya akan kita terapkan di Kota Kudus,” ungkap Mawar Hartopo.

BACA JUGA: Ratusan Nakes RSUD KRT Soetjonegoro Jalani Kredensial dan Rekredensial

Sedangkan Ketua TP PKK Kabupaten Jepara, Hesti Dian Kristiandi menyampaikan, potensi di wilayahnya tidak kalah dengan daerah lain. Seperti potensi pariwisata di Karimunjawa, kerajinan tenun troso, ukiran, hingga makanan khas.

Terkait UP2K PKK di Kabupaten Jepara, Hesti menjelaskan, semua desa di Jepara sudah memiliki kelompok khusus dan kelompok pelaksana, yang menghasilkan produk UMKM. Kemudian, hasil olahan itu dipasarkan, sehingga dapat mewujudkan keluarga sejahtera.

Selain itu, pihaknya mendapat dukungan kemitraan dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. ”Kita mendapat dukungan dari OPD, sehingga program yang kami jalankan sampai ke tingkat desa, berjalan dengan baik,” terang Hesti.

Karenanya dia berharap, dengan kunjungannya ini, dapat membawa multiplier efek bagi perekonomian masyarakat Kudus. Pendapatan keluarga pun bisa bertambah.

Hadepe-Riyan