Marsekal Muda TNI Kusworo, pria asal Gombong, Kebumen yang kini menjadi Asisten Personel Panglima TNI.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Kabar membahagiakan kembali datang dari Kota Gombong, Kabupaten Kebumen. Marsekal Muda (Marsda) TNI Kusworo (54), pria asal Desa Semanding, Gombong, kini dipromosikan sebagai Asisten Personel (Aspers) Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Serah Terima Jabatan (Sertijab) Aspers Panglima TNI dari Marsdya TNI A Gustaf Brugman kepada Marsda TNI Kusworo digelar di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur pada Senin (8/11/2021).

Meski telah meraih jabatan perwira tinggi TNI, Pak Kusworo dikenal sebagai putra daerah yang selalu ingat dengan kampung halaman dan teman masa mudanya. Bahkan beberapa waktu lalu juga pernah melakukan kegiatan bakti sosial di sekitar Kota Gombong.

Yang menarik, sosok Perwira Tinggi TNI AU yang sebentar lagi menyandang bintang tiga ini sejak masa muda duduk di SMAN Gombong dikenal sebagai jago main kabaret, semacam seni drama komedi dan musik di sekolahnya. Setiap pentas seni di sekolah ia dan rekannya kerap tampil.

Kusworo muda pun juga hobi berlatih judo. Seperti diketahui, sejak lama Gombong memiliki klub judo terkemuka, bernam Judo Waza Gombong (JWG). Kusworo juga masih menjadi salah satu donatur klub judo yang dulu dilatih oleh (alm) Sutarno dan banyak melahirkan pejudo nasional.

Bahkan saat punya hajat keluarga, Kusworo tak lupa mengundang kolega dan teman pejudo anggota JWG. Ayahnya meninggal saat Kusworo masih keciI. Ibunya dikenal pensiunan guru ST di Gombong.

Suka Main Seni dan Punya Klub Belajar

Menurut tokoh masyarakat yang juga alumni SMAN Gombong Bambang Priyambodo, Marsda Kusworo merupakan alumni SMAN Gombong seangkatan dengan Irjen Pol Teguh Pristiwanto yang baru saja dipromosikan menjadi Kapolda Sulawesi Tenggara.

Bahkan saat duduk di SMA itu jiwa seni Kusworo telah nampak. Dia memiliki klub kabaret bernama Kasaretass. Beberapa kali tampil saat duduk di SMA. Bahkan juga dikenal sebagai remaja yang disiplin, serta memiliki klub belajar sejak di SMA.

Kusworo, merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1988 B, menjadi penerbang tempur Hawk Mk. 53. Karier militernya di TNI AU pun tergolong moncer. Jabatan terakhir jenderal bintang dua ini adalah Aspotdirga Kasau.

Uniknya, pak Kusworo yang pernah menjadi Komandan Lanud Adi Sumarmo (2011—2013) itu tak lain pengganti Hadi Tjahjanto yang juga pernah menjadi Komandan Lanud Adi Sumarno Solo. Tak heran bila Panglima TNI sebelum purna memberi kepercayaan kepada perwira tinggi TNI AU dari Gombong itu sebagai Aspers.

Selamat mengemban tugas bagi Marsda Kusworo. Segenap warga Gombong dan Kebumen tentu bangga. Pun mendoakan semoga sukses dan amanah mengemban amanah mengabdi bagi negara dan bangsa.

Komper Wardopo

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here