Wagub Jateng naik perahu di desa wisata Tempuran, Blora. Foto: Ist

BLORA (SUARABARU.ID) – Wakil Gubernur Jawa Tengah H. Taj Yasin Maimoen meninjau lokasi desa wisata Tempuran Kecamatan Blora Kabupaten Blora yang dikelola Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) desa setempat, Sabtu (06/11/2021).

Kedatangan Wagub dan rombongan disambut dengan tari Gambyong oleh remaja Desa Tempuran. Kemudian, didampingi Kepala Desa Tempuran naik perahu naga menyeberangi waduk Tempuran menuju lokasi kebun Jambu Kristal Tempuran (JKT).

Setiba di kebun JKT, Wabup meninjau tanaman jambu dan mengamati potensi apa saja yang bisa dikembangkan di lokasi setempat.

Setelah itu, Wagub bersama Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., dan rombongan menikmati sajian kuliner ikan bakar di pendopo kuliner iwak kali.

Wagub mengapresiasi dan memberi dukungan kepada Pokdarwis Desa Tempuran yang telah mengoptimalkan adanya waduk yang di sekitarnya dibangun tempat wisata.

Dalam arahannya, Wagub mengingatkan bahwa dalam kondisi lanina yang ada di Indonesia termasuk di Jawa Tengah, sehingga musim penghujan intensitasnya tinggi.

“Maka perlu diwaspadai kawan-kawan atau masayarakat di sekitar bendungan (waduk), biasanya itu kalau lihat air ingin nyemplung (menyebur). Nah, ini perlu di edukasi,” kata Wagub Jateng.

Wagub mengaku senang dengan BBWS bahwa di atas waduk Tempuran sudah diberi pembatas, sehingga potensi rawan kecelakaan bisa diminimalisir.

“Sekitarnya juga dibangun tempat-tempat wisata, khususnya wisata kuliner, di Kabupaten Blora, di Desa Tempuran. Ini menghidangkan menu potensialnya, ada ikan bakar dan yang menarik ada serabinya,” kata Wagub.

Wagub meminta untuk kuliner kue serabi supaya ditingkatkan. Kalau serabinya hanya pakai parutan kelapa, kata Wagub, nanti bisa ditingkatkan bagi pengelola wisata di desa Tempuran.

“Kalau saya di Cirebon, tempat mertua saya, itu ada serabi telur dan ada yang terbuat dari tempe gembus. Juga mungkin bisa dikembangkan dengan rempah-rempahan. Kemudian kuahnya dibuat dari gula aren dicampur dengan jahe, sehingga rasanya juga akan lebih mantap lagi. Ini mohon saya minta dikembangkan,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here