blank

TEGAL (SUARABARU.ID) – Politeknik Harapan Bersama Tegal (Poltek Harber Tegal) meraih penghargaan Terbaik II Tingkat Nasional Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Kategori Perusahaan Skala Menengah.

blank
PENGHARGAAN – Secara simbolis Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono menyerahkan piagam penghargaan kepada Poltek Harber.

Penghargaan tersebut secara simbolis diserahkan Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono kepada Poltek Harber Tegal di Pringgitan, Kompleks Balai Kota Tegal, Selasa (26/10/2021).

Wali Kota mengucapkan selamat kepada segenap civitas akademika Poltek Harber yang telah berhasil meraih penghargaan Paritrana Award sebagai apresiasi atas komitmen perlindungan kerja di lingkungan kerjanya.

“Saya mengucapkan selamat kepada civitas akademika Politeknik Harber karena telah menjadi kampus yang sadar akan perlindungan sosial di lingkungan kerjanya. Hal ini dibuktikan dengan diraihnya penghargaan Paritrana award. Saya berharap terus dipertahankan, syukur – syukur bisa ditingkatkan lagi,” ungkap Dedy Yon.

Wali Kota juga menyampaikan bahwa semua usaha dan kerja keras Poltek Harber ini dapat terus dipelihara. Bahkan bukan hanya di ajang Paritrana Award ini saja, namun juga tidak berhenti hanya sampai di sini saja. Sehingga kedepan Poltek Harber diminta harus lebih banyak yang dapat dilakukan dan ditingkatkan untuk kategori penghargaan lainnya. Dikatakan Wali Kota, pihaknya menaruh harapan yang besar kepada Poltek Harber.

“Jadikan perhargaan ini sebagai pendorong untuk menghadapi perkembangan zaman sekarang ini, langkah kolaboratif perlu dilakukan Poltek Harber dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan, melalui pengabdian masyarakat. Agar nilai kemanfaatan kampus bagi masyarakat terus meningkat,” pinta Wali Kota.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tegal, Mulyono Adinugroho dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa Paritrana Award yang diterima Poltek Harber ini, merupakan bentuk komitmen pemberi kerja.
Penghargaan Paritrana Award ini, dibagi kedalam beberapa kategori, yakni kategori bentuk komitmen perlindungan kerja dari pemberi kerja, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota.

Sedangkan untuk pemberi kerja tersegmentasi menjadi tiga skala usaha, yakni perusahaan skala besar, skala menengah dan skala kecil/mikro, yang semuanya ada kategorinya.

Mulyono Adinugroho menjelaskan Poltek Harber Tegal masuk dalam seleksi mulai dari awal tahun. Dari 157 perusahaan yang masuk penilaian kategori Perusahaan Skala Menengah, Poltek Harber lolos dalam 9 nominator yang terpilih.

Kemudian pada 18 Maret 2021 di Jakarta dilangsungkan seleksi paparan tentang komitmen perlindungan kerja oleh Pimpinan Perusahaan yang dipanelkan dengan tim penilai yang terdiri dari tokoh-tokoh nasional.

Selanjutnya pada 9 September 2021, diumumkan pemenang melalui zoom meeting yang dihadiri Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin. Poltek Harber mendapatkan Peringkat Terbaik II Nasional, untuk kategori Perusahaan Skala Menengah.

Penghargaan kemudian diserahkan Wali Kota Tegal kepada Poltek Harber Tegal pada Selasa (26/10) di Pringgitan Rumah Dinas Wali Kota.

Selain penghargaan yang diterima, Poltek Harber juga mendapatkan satu unit mobil operasional.

Menurut Mulyono Adinugroho, Pemerintah Kota Tegal juga memiliki peluang yang sangat besar untuk mendapat penghargaan Paritrana Award untuk kategori Pemerintah Kabupaten/Kota, karena Pemerintah Kota Tegal secara kepesertaan sudah cukup bagus, dan Peraturan Daerah (Perda) terkait Ketenagakerjaan juga sudah hampir ditetapkan. Sebab, kata Mulyono, Perda tentang Penyelenggaraan Ketenagakerjaan ini merupakan paramater tertinggi bobotnya dalam penilaian Paritrana Award, selain kepesertaaan BPJS Ketenagakerjaan untuk Non ASN.

“jadi Pemkot Tegal sudah lengkap untuk parameter penilaiannya, keikutsertaan, Perda dan keikutsertaan Non ASN di BPJS Ketenagakerjaan. Saya berharap Pemkot Tegal bisa menjadi juara dalam penilaian Paritrana Award kategori Pemerintah Kab/kota di tahun berikutnya,” papar dan harapan Mulyono dihadapan Wali Kota.

Nino Moebi