blank
Pengasuh Ponpes Al Mustamir Assyifa, Kiai Abdul Manaf A.H bersama dosen pembimbing lapangan dan tim KKN Unisnu

JEPARA (SUARABARU.ID) – Tim KKN Unisnu Kelompok 84 mendampingi usaha yang dimiliki pondok pesantren Al Mustamir Assyifa yaitu sebuah toko yang menjual berbagai macam kebutuhan santri dan bahan pokok lainnya, toko ini diberi nama “ Waficka Jaya”.

Pemilik usaha sekaligus pengasuh Ponpes Al Mustamir Assyifa yaitu Kiai Abdul Manaf A.H. mengatakan pihaknya sangat senang dengan kedatangan tim  KKN. “ Sebab para santri bisa sharing ilmu untuk kemajuan toko ini,” ujarnya.

Dalam menjalankan usaha  Waficka Jaya, para santrinya membantu secara aktif. Sebab para santri diharapkan  dapat mengembangkan soft skillnya dalam berwirausaha.

blank

Berdasarkan observasi, selama ini  di Waficka Jaya masih dilakukan secara manual seperti menginput kode barang, pembukuan, catatan transaksi penjualan, dan belum melakukan pemasaran secara online sama sekali.

Oleh sebab itu, tim KKN Unisnu Kelompok 84 menyarankan pemanfaatan  beberapa aplikasi untuk menunjang kegiatan tersebut. “Dengan memanfaatkan tekonologi, dapat lebih menghemat waktu, lebih mudah serta menghindari kekeliruan dalam perhitungan,” terang  Kiai Abdul Manaf A.H.

Dengan pemanfaatan teknologi, diperkenalkan aplikasi Kasir Pintar, yaitu aplikasi yang kami rekomendasikan untuk digunakan dalam usaha toko ini. “Mencatat transaksi penjualan, menginput barang, serta membuat laporan mingguan, bulanan, dan tahunan dapat dilakukan sekaligus dalam aplikasi ini,” ujar Dr Syamsul  Anwar, SE, MM, dosen pembibing lapangan kelompok 84.

Selain itu terdapat fitur scan bercode, yg dapat di sambungkan dengan alat scanning.  Dengan demikian akan  memudahkan bagian kasir dalam menghitung pembelian  karena lebih cepat,” ujar Syamsul  Anwar. Tim juga menyarankan pemanfaatan instagram business dan facebook ads sebagai media pemasaran online toko tersebut, tambahnya

Kegiatan lain yang  dilakukan tim Kelompok 84  yaitu membantu dalam penataan barang yang dijual agar lebih rapi dan tertata sesuai jenisnya. Selain enak dipandang, customer saat berbelanja juga lebih nyaman. Dengan kerjasama ini, harapan kami semoga kedepannya usaha ponpes akan lebih maju dan berkembang lagi.

Alvaros